TNI Dan Tentara Perancis Latihan Bersama di Lebanon

Latihan bersama antara Prajurit TNI dan Tentara Perancis yang melibatkan 60 personel tersebut, dibuka oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Indobatt Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P., S.IP, di Lapangan Soekarno Markas Indobatt, UN Posn 7-1, Adchit al Qusayr, Lebanon Selatan, kemarin.

Menurut Dansatgas Indobatt, latihan ini bertujuan untuk mempererat persatuan antar kontingen pasukan perdamaian yang sedang melaksanakan tugas sebagai Peacekeepers dalam misi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) di Lebanon.

“Latihan ini juga untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit kedua negara,” ujar Letkol Andreas dalam siaran pers PENKOSTRAD yang diterima Kabarserasan.com Jum’at (24/04/2015).

“Latihan ini  melibatkan satu pleton dari masing-masing  negara, dengan rincian 30 personel dari Kontingen Perancis di bawah pimpinan Komandan Unit Lt. Pidolot dan 30 personel dari Kontingen Garuda di bawah pimpinan Kapten Inf Anhar A.G,” tambah Andreas.

Pelaksanaan latihan bersama ini diawali dengan latihan menembak di Lapangan Tembak Sektor Timur Unifil, Ebel Al Saki, Lebanon Selatan. Dalam sesi ini, Letda Inf Chonis selaku Danton Indobatt menjelaskan tentang karakteristik senjata SS-2 V4 kepada Tentara Perancis begitu juga Lt. Pidolot yang memberikan penjelasan tentang karakteristik senjata mereka kepada Prajurit TNI.

Selain itu dilaksanakan pengenalan Alutsista yang digunakan dalam latihan,  meliputi persenjataan ringan satuan Infanteri, Aloptik, Alkom dan Ranpur, dimana terdapat Ranpur VAB Renault Perancis, dan disampaikan oleh Perwira Seksi Logistik Indobatt Kapten Inf Aries Munandar.

Kegiatan latihan dilanjutkan dengan Patroli Bersama di Area Of Responsibility Markas Indobatt, olah raga bersama dan permainan militer yang menitikberatkan pada kerja sama tim, sehingga terwujud nuansa kebersamaan dan keceriaan.

Pada akhir latihan, Dansatgas  Indobatt mengucapkan terima kasih dan  penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para personel Kontingen Garuda maupun personel Kontingen Perancis yang sangat antusias dan semangat dalam melaksanakan latihan bersama. Latihan diakhiri dengan pelepasan tanda latihan serta pemberian sertifikat latihan “Make Peace Nothing Else” oleh Letkol Inf Andreas Nanang Dwi. (Amr)

Berita Lain:
Disetujui Presiden Jokowi, Gedung DPR Baru Segera Dibangun
Tanpa Protes Paripurna DPR Sahkan UU KPK
Sukseskan Program Listrik Pemerintah PTBA Bakal Bangun PLTU 4.400 MW

Hutang Sejarah KAA, Merdekakan Palestina
ini Dia Tahapan Pilkada Serentak
Komjend Pol Budi Gunawan Resmi jadi Wakapolri
Peringati Hari Kartini, KPK Tantang Perempuan untuk Jadi Pimpinan KPK
Pemerintah Bekukan PSSI, La Nyala Ketua Umum yang Baru
Tahapan Pilkada Serentak Dimulai
Golkar dan PPP Terancam Tak Bisa Ikut Pilkada
Komjend Badrodin Haiti: Di Internal Polri Masih Ada Pungli

 

 

 

Leave a Reply