Puskesmas Di Muara Enim Layani Deteksi Kanker Payudara dan Serviks

Kadinkes Muara Enim, Yan Riyadi mengatakan, pencanangan gerakan nasional pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Kabupaten Muara Enim yang di gelar serentak di seluruh indonesia, Selasa,(21/4) dipusatkan Puskesmas Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Muara Enim. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dan Ketua PKK Kabupaten Muara Enim Shienta Paramitha Muzakir.

Disebutkan  Kadinkes, enam puskesmas yang membuka pelayanan tersebut di antaranya Puskesmas Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul, Puskesmas Tanjung Agung, Puskesmas Kota Muara Enim, Puskesmas Ujanmas, Puskesmas Gunung Megang,dan Puskesmas Tebat Agung.

“Masing-masing puskesmas terdapat 9 dokter dan bidan yang sudah terlatih, dengan menggunakan teknik IVA yakni menggunakan zat asam asetat, ditunggu beberapa menit dan hasilnya dapat segera di ketahui, dan syarat mutlaknya bagi yang ingin melakukan pemeriksaan yakni wanita yang sudah menikah,”ungkapnya.

Melalui puskesmas inilah diharapkan kedua penyakit tersebut dapat terdeteksi sejak dini sehingga dapat segera mendapatkan pengobatan medis.

“Keterlambatan dalam pengobatan yang sering terjadi  akibat ketidaktahuan pasien yang menyebabkan kanker ini menjadi stadium tinggi, sehingga  penyebab angka kematian yang tinggi di Indonesia,” terangnya.

Diungkapkan Yan, pada tahun 2015 ini  di kabupaten Muara Enim ditemukan sebanyak 4 kasus pasien yang menderita kanker Serviks. “Padahal ini baru masuk triwulan pertama,dan kita berharap hal ini bisa terdeteksi sedini mungkin sehingga bisa segera diobati sebelum stadiumnya tinggi,” ujar Yan (ME-2)

Berita Lain:
ICW; Pengadaan Barang dan Jasa Dominasi Kasus Korupsi di 2014
Warga Gunung Megang Kembali Hadang Truk Angkutan Batubara
Kejaksaan Muara Enim Tetapkan Tersangka Korupsi Mobil Pemadam Kebakaran
Kejaksaan Geledah Kantor BPBD Muara Enim
Tersandung Kredit Fiktif, Kacapem Bank Syariah Mandiri Ditahan
JPU Tuntut 2 PNS Diknas Muara Enim 20 Tahun
6.499 Siswa Menengah di Muara Enim Ikut UN 2015
Tunjangan Naik, Kerja Harus Maksimal

 

 

Leave a Reply