Bupati Kukuhkan Dewan Kesenian PALI

Dalam sambutannya Heri Amalindo mengatakan, dengan terbentuknya Dewan Kesenian Pali ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk mengangkat kembali budaya dan Kesenian Kabupaten Pali yang sekarang sudah jarang didengar.

“Candi Bumi Ayu dan temuan-temuan disekitar candi merupakan bukti bahwa dahulu di daerah kita ini sudah menjadi tempat interaksi dari berbagai negara. Dengan dibentuknya Dewan Kesenian ini, kita harapkan kejayaan yang pernah ada di Pali bisa terangkat kembali,” kata Heri di Lokasi Wisara Candi Bumi Ayu, Senin (20/4/2015).

Menurut Heri, untuk mencapai itu memang tidak mudah. Perlu kerja keras, kebersamaan dan persatuan. “Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga situs ini. Jika banyak yang datang niscaya masyarakat kita lebih makmur karena mereka yang datang kesini bawa uang. Jadi kita harus ramah, jaga lingkungan dan kebersihan karena itu kunci kalau daerah kita mau terkenal,”ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Kesenian Pali terpilih, A.K Kholik Darlin mengatakan untuk mengemban tugas diperlukan tiga unsur yakni, beragama, berilmu  dan seni,

“Dengan Beragama hidup kita terarah, dengan ilmu hidup lebih mudah dan dengan seni hidup ini lebih indah. Dewan Kesenian Pali mengemban amanah tidaklah ringan, selain mengenalkan Kesenian dan Budaya Pali di tingkat nasional juga mengenalkan ke tingkat internasional,” ujarnya.

Kholik menyampaikan, masyarakat Pali khususnya Kecamatan Tanah Abang patut berbangga hati karena mempunyai Ikon yang tidak dimiliki daerah lain yakni, Candi Bumi Ayu. Karena candi ini merupakan asset kita, asset nasional bahkan Internasional.

“Rencananya dalam waktu dekat ini kita daftarkan ke Unesco dan teman-teman dari Unesco akan berkunjung kesini,”kata dia.

Adapun Pengurus Dewan Kesenian Pali yang dilantik adalah sebagai berikut: Pelindung Heri Amalido, Penasehat Marta Dinata, pengarah Amirudin Tdjmat, Ketua umum Aka Cholik Darlis, Ketua I Eni Zatilla, Ketua II Habibi, Ketua III Dharmawan, Sekretaris umum  Yulnadan beberapa pengurus lainnya. (Her/Amr)

Berita Lain:
Diseruduk Truk Material, Rumah Kades Nyaris Ambruk
Dibacok 2 Kali, Anas Selamat dari Begal Motor
Pali Ingin Jadi Sentra Daging Sapi Sumsel
Ike Nurjanah Goyang Pali
Sambut Hari Konsumen Nasional, Pemkab Pali Gelar Pasar Murah
Pimpinan DPRD PALI Dikukuhkan
Heri Amalindo Resmikan 10 Desa Persiapan
Bupati Pali Lantik 295 CPNS
Heri Amalindo Berharap Siswa Pali Lulus 100 Persen

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here