Pilkades Serentak di Muara Enim Tunggu Pengesahan Raperda

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan dan Administrasi Desa, Mei Fajar Hariadi, Perda tersebut sangat penting untuk mengatur pelaksanaan Pilkades secara serentak di Kabupaten Muara Enim yang akan dimulai tahun 2015.

“Saat ini kami  menunggu undangan dari Baleg DPRD Muara Enim untuk pembahasan perda tersebut. DPRD menjanjikan Perda tersebut Insya Allah akan selesai sekitar April-Mei 2015,” kata Mei di Muara Enim, Minggu (22/3/2015).

Dikatakanya, jika Raperda tersebut telah disahkan, maka diperkirakan pelaksanaan Pilkades serentak akan dilaksanakan sekitar bulan September 2015. “Mudah-mudahan Raperda tersebut cepat disahkan dan kita langsung melaksanakan Pilkades serentak,” harapnya.

Berdasarkan UU Desa Nomor 6 tahun 2014 dan  Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang pelaksanaan peraturan UU Desa, Pemkab Muara Enim akan segera menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak untuk 100 desa di 20 kecamatan pada akhir tahun ini. “Saat ini ada 83 kades yang habis masa jabatannya. Sampai Desember 2015 ada sekitar 100 kades yang akan habis masa jabatannya,” terang Mei.
 
Pemkab Muara Enim lanjut dia, sudah menganggarkan dalam APBD 2015 sebesar Rp2 miliar untuk mendukung pelaksanaan Pilkades tersebut.”Alokasi anggaran untuk Pilkades dari APBD sebesar Rp 10 juta per desa. Mulai tahun ini kita mengacu pada UU Desa No. 6 tahun 2014, dimana alokasi semua pembiayaan Pilkades ditanggung dengan alokasi dana tersebut, seperti pembuatan kartu suara, undangan pencoblosan, operasional dan dan honor panitia,” tambanhnya.

Untuk masa jabatan kades, terang dia, selama ini bisa tiga periode, namun berdasarkan aturan baru, seorang  kepala desa hanya bisa menjabat selama dua periode. Sementara untuk masa jabatan tidak ada perubahan, tetap enam tahun jabatan. (ME-4)

Berita Lain:
Dua Pejabat Diknas Muara Enim Dijebloskan ke Penjara
Muara Enim Belum Siap UN Online
Pemkab Muara Enim Akan Tindak Tegas Penambang Liar
Bukit Asam Siap Bangun Pembangkit Listrik 4400 MW
Sumsel Peringkat 26 Pengguna Narkoba
Pemkab Muara Enim Bagikan Honor 213 Ketua RT
Tower Disambar Petir, Warga Minta Ganti Rugi

 
 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here