Mentan Pastikan Tidak ada Impor Beras

Kendati saat ini sedang terjadi lonjakan harga beras di pasaran di Tanah Air, kita tidka akan impor beras. Apalagi sejak Bulog melakukan operasi pasar sebanyak 300 ribu ton, harga beras mulai turun dengan besaran Rp900 sampai Rp1.400 per kg,” kata Mentan Andi Amran Sulaiman, saat memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk kelompok tani di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, Selasa (3/3/2015).

Pihaknya kata dia, turun langsung kelapangan guna memantau penyebabnya. Dari pantauan yang dilakukan pihak Kementan dilapangan terutama di daerah penyandang pangan nasional di Provinsi Jawa barat dan Jawa Tengah diketahui jika harga gabah saat ini hanya Rp4.500 per kg, tetapi harga beras di Jakarta mencapai Rp12.000 per kg.

Adanya perbedaan antara harga gabah dengan beras yang sudah digiling ini tambah dia, sangat mencolok.

“Disparitasnya sangat tinggi sekali dari Rp4.500 menjadi Rp12.000, mestinya ini hanya Rp6.700-7.000, karena padinya saat digiling akan menghasilkan 65-70 persen berarti Rp6.000-7.000, ini berarti ada sistem distribusi yang tidak beres,” ujar Mentan.

Untuk menjaga harga pasaran beras ini pihaknya  telah menginstruksi Bulog untuk melakukan operasi pasar dengan menurunkan stok sebanyak 300 ribu ton. Operasi pasar yang digelar sejak sepekan ini secara perlahan mulai memberikan dampaknya dengan mulai turunnya harga beras di pasaran dengan kisaran antara Rp900 hingga Rp1.400 per kg.

Harga jual beras di Tanah Air kata dia, diperkirakan dalam sepekan kedepan sudah mulai normal, mengingat terhitung 6 Maret nanti kalangan petani di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur akan melakukan panen raya dengan luasan lebih dari 500 ribu hektare.

“Panen raya di Ponorogo ini seluas 500 ribu hektare, jika perhektarenya menghasilkan 7-8 ton gabah kering panen maka akan menghasilkan 3,5-4 juta ton padi. Kemudian secara nasional selama Maret 2015 akan ada 2,4 juta hektare sawah mulai memasuki musim panen, yang produksinya diperkirakan mencapai 18 juta ton gabah,” ujarnya. (Amr/Ant)
   
 Berita Lain:
DPRD DKI akan Polisikan Ahok
Mahkamah PG: Munas Kubu Agung Laksono Sah
Ketua DPR Minta Peran Aktif Polri dan TNI Berantas Mafia Beras
Mahkamah Agung Tolak Kasasi Akil Mochtar
MA Perberat Hukuman Atut
UU Pilkada: Terlibat Money Politic, Balon Kepala Daerah Didiskualifikasi
Per Maret 2015 Seluruh Maskapai Penerbangan Gabungkan Harga Tiket dengan PSC
Kenaikan Harga Beras Dikondisikan Agar Bisa Impor

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here