PDIP, Meski Kecewa Tapi Dukung Keputusan Jokowi

“Keputusan Presiden tersebut tentu saja akan menyulitkan posisi Fraksi PDI-Perjuangan sebagai fraksi partai pemerintah di DPR untuk membela kebijakan Presiden Jokowi,” kata Wasekjen PDI-P Ahmad Basarah kepada wartawan, sesaat setelah mengikuti pertemuan di kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2015).

Pertemuan ini memang digelar menyikapi keputusan Presiden Jokowi yang beberapa jam sebelumnya membatalkan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri, dan menggantinya dengan  mengusulkan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti.

Selain Basarah dan Megawati, pertemuan yang berlangsung tertutup ini dihadiri juga sejumlah politisi PDIP  antara lain Pramono Anung yang juga Wakil Ketua MPR, Puan Maharani yang juga Menteri Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,  Yasonna Hamonangan Laoly yang menjabat Menteri Hukum dan HAM , serta Herman Hery, dan Dwi Ria Latifa dari Komisi III DPR.

Meski kecewa calon mereka tidak jadi Kapolri, menurut Basarah, PDI Perjuangan sebagai partai pendukung pemerintah akan mendukung keputusan Presiden Jokowi itu.

“PDIP menghormati keputusan Presiden yang telah membatalkan pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri dan mengusulkan Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri yang baru,” ujar Basarh.

Mengambil tempat di Istana Negara, Rabu (18/02/2015) petang, Presiden Jokowi dalam keputusannya membatalkan rencananya  melantik Budi Gunawan sebagai kepala Polri karena menilai pencalonan Budi telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat. Soal keputusannya mengajukan Komjen Badrodin Haiti sebagai calon kapolri baru ke DPR.

Presiden beralasan untuk menciptakan ketenangan dan memenuhi kebutuhan Polri terkait kepemimpinan definitif. “Maka dari itu, hari ini kami usulkan calon baru, yaitu Komisaris Jenderal Badrodin Haiti untuk mendapat persetujuan DPR sebagai kepala Polri,” kata Jokowi. (Junel)

Berita Lain:
Presiden Besok Lantik Tiga Komisioner KPK
Badrodin Akan Bersinergi Dengan KPK
Ratusan Warga Desa Sugihwaras Tuntut PTPN VII Kembalikan Tanah
Saluran Air Ambrol, Longsor Ancam Rumah Warga
Pemkab Muara Enim Rekrut 29 Tenaga Ahli Kesehatan Desa
Anggota DPRD Muara Enim Hasil PAW, Belum Masuk Komisi
Gelapkan Dana Partai, Ketua DPC PKB Muara Enim Dilaporkan ke Polisi

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here