Abraham Samad Tersangka, Jokowi Ditekan

Lagi pula, presiden sebelumnya sudah menjanjikan, kepastian nasib Komjen Polisi Budi Gunawan  sebagai calon tunggal Kapolri, akan ditentukan setelah vonis sidang praperadilan. Kini, kebutuhannya makin mendesak, setelah dua orang pimpinan KPK menjadi tersangka.

Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra Fadli Zon salah satu yang minta Presiden Jokowi mengambil langkah khusus, dikaitkan dengan efektifitas kerja KPK, di mana semua komisionernya masa kerjanya akan berakhir tahun ini .

“Kinerja KPK akan terganggu dengan penetapan (tersangka) ini, tapi kita tetap harus hargai proses hukum. Oleh karena itu dengan status dan situasi ini, harus ada langkah-langkah terhadap KPK, dalam hal ini Presiden,” kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/2/2015).

Pandangan  sama disampaikan Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Agus Hermanto. Dia meminta Presiden Jokowi segera mengambil kebijakan terkait kondisi ini.

“Sekarang tinggal dua (komisioner), jadi praktis bekerjanya KPK kurag maksimal. Yang bisa ambil keputusan, kebijakan adalah Pak Jokowi,” ucap Waketum Partai Demokrat ini.

Sementara dari kubu PDI Perjuangan—partai pendukung utama pasangan  Jokowi-JK, suara desakan muncul dari politisi seniornya, Pramono Anung, yang minta Presiden Jokowi segera menunjuk Pelaksana tugas  Ketua KPK.

“Sudah seharusnya Presiden segera mengeluarkan Kepp?res untuk menetapkan siapa yang akan menjadi Plt,” kata politikus senior PDIP Pramono Anung di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Menurut Pramono, situasi saat ini tak bisa dibiarkan terlalu lama, karena KPK harus tetap melanjutkan tugasnya memberantas korupsi. Sebaliknya, Pramono minta Samad  berbesar hati menjalani proses hukum yang menjeratnya.

“?Maka saya tidak ingin berpolemik terhadap persoalan penegakan hukum. Termasuk saya pribadi, kalau ada persoalan hukum maka kita harus bisa mempertanggugjawabkan itu,” ujar Pramono. (Junel)?

Berita Lain:
Hakim Sarpin Dilaporkan Ke KY
Abraham Samad Jadi Tersangka
Ratusan Warga Desa Sugihwaras Tuntut PTPN VII Kembalikan Tanah
Saluran Air Ambrol, Longsor Ancam Rumah Warga
Pemkab Muara Enim Rekrut 29 Tenaga Ahli Kesehatan Desa
Anggota DPRD Muara Enim Hasil PAW, Belum Masuk Komisi
Gelapkan Dana Partai, Ketua DPC PKB Muara Enim Dilaporkan ke Polisi
Heboh Penemuan Batu Giok 20 Ton

Leave a Reply