Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Berlatih Menjadi Kader Pertanian

Pelatihan yang berlangsung 3 hari tersebut, dibuka secara resmi Kasdim 0404 Muara Enim, Mayor Inf Aris Prasetiyo mewakili Dandim 0404, Letkol Inf Ruslan SE. “Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah dalam meningkatan ketersediaan pangan, khususnya padi,” kata Aris Prasetyo. Dijelaskannya, ketersediaan pangan menjadi kebutuhan pokok yang harus tetap terjaga,  dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Menurut Aris, banyak lahan menjadi perumahan dan perkantoran, akibat laju pertumbuhan penduduk. Hal tersebut, lanjutnya, berdampak pada berkurangnya tingkat produktivitas dan bertambahnya kebutuhan pangan secara nasional.

Sementara itu, Perwira seksi territorial Kodim 0404 Muara Enim, Kapten Gunadi menambahkan, para Babinsa yang ada di desa nantinya akan mendampingi para PPL dan membantu para petani. “Dengan bekal yang sudah diterima Babinsa diharapkan bisa memberikan motivasi dalam membantu petani, seperti untuk menggunakan bibit dan sistim pola tanam yang unggul untuk dikembangkan di areal persawahan masyarakat.

Presiden Joko Widodo telah mentargetkan swasembada pangan (padi, jagung dan kedelai) di 2018 mendatang. Pemerintah telah menandatangani nota  kesepahaman dengan TNI AD 7 Januari 2015 lalu yang isinya melibatkan 50.000 personel Babinsa di seluruh Indonesia untuk mensukseskan program tersebut.

Nota kesepakatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan kerjasama Panglima Kodam di seluruh Indonesia dengan Kepala Dinas Pertanian di tingkat Provinsi. Para Babinsa ini akan mendampingi kelompok tani dalam kegiatan pertanian. (Me)

Berita Lain:
Ratusan Penambang Tolak Penutupan Tambang Rakyat  
25 Anggota DPRD PALI Dilantik  
Terkait PAW, DPRD Muara Enim Konsultasi ke Depdagri
DPRD Muara Enim Desak Bupati Pecat Camat dan Bides Pemalas  
Bupati Muara Enim Ajak Pegawai dan Masyarakat Rutin Berolahraga 
Tingkatkan Pendapatan Daerah, Dispenda Gandeng Satpol PP dan Camat
BBM Turun, Tarif Angkot Belum Turun 
Harga BBM Turun, Harga Beras Di Muara Enim Naik 
Ratusan Peserta Ikuti PALI Extreme Off Road
Jumlah Pembuat Paspor Meningkat 
Harga BBM Turun, Harga Beras Di Muara Enim Naik 
Ratusan Peserta Ikuti PALI Extreme Off Road
Hari Krida dan Olahraga: Pemkab Muara Enim Datangkan Instruktur Senam dari Jakarta 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here