Dana Desa Baru Terealisasi 10 persen

Hal tersebut disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim Adul Najib, Jumat (16/1/2015). Menurut Najib, tahun ini Kabupaten Muara Enim baru mendapatkan realisasi dana desa dari pemerintah pusat sebesar Rp 28 miliyar lebih. Anggaran yang diterima sebesar Rp 28 miliyar tersebut dibagikan untuk 245 desa yang ada di wilayah Kabupaten Muara Enim.

“Dengan baru terealisasinya dana desa dari APBN tahun 2015 sebesar Rp 28 miliyar lebih, maka rata rata setiap desa di Muara Enim baru mendapatkan bantuan sebesar Rp 102 juta lebih,” jelas Abdul Nadjib.

Dijelakan Najib, jumlah dana tersebut hampir sama dengan alokasi dana desa yang dianggarkan melalui APBD Muara Enim 2015. “Jumlah dana desa dari APBN sebesar Rp 102 juta tersebut, hampir sama dengan jumlah alokasi dana desa yang dianggarkan melalui dana APBD Muara Enim pada tahun 2015 ini,” jelas Nadjib.

Untuk mendukung anggaran Rp 1miliyar per desa, kata dia, Pemkab Muara Enim melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) telah melakukan pelatihan administrasi dan keuangan kepada semua perangkat desa.

Berdasarkan informasi yang diterima Bappeda, anggaran APBN Perubahan tahun 2015 ini, alokasi bantuan dana desa untuk Kabupaten Muara Enim akan dinaikan sehingga mencapai Rp 1 miliyar per desa.

Guna mengatisipasi terjadinya penyimpangan, Bappeda Pemkab Muara Enim bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya sedang melakukan pengkajian pengelolaan dana desa sebesar Rp 1 miliyar. “Kita sudah siapkan rambu rambunya,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya dana desa Rp 1 miliyar tersebut tidak disalurkan secara langsung ke desa, melainkan desa membuat program pembangunan yang
diusulkan kepada Pemerintah Daerah. Selanjutnya Pemda menyalurkan dana tersebut secara bertahap sesuai dengan program pembangunan yang dilaksanakan. (Me)
 
Berita Lain:
Jelang Pilkada PALI, 5 Kandidat Siap Bertarung 
Ayahanda Bupati Muara Enim Tutup Usia 
Hari Krida dan Olahraga: Pemkab Muara Enim Datangkan Instruktur Senam dari Jakarta 
PT Bukit Asam Bantu Pembangunan Kebun Raya Sriwijaya
Camat Semende Darat Tengah Diganti 
2015 Muara Enim Bangun RS Pratama
Pelantikan Dewan Terganjal Gugatan di MK 
KPUD Muara Enim Siap Selenggarakan Pilkada PALI  
Proyek Kolam Renang Tak Kunjung Selesai 
Kejari Muara Enim Musnahkan Narkoba Senilai Rp 116 Juta  
13 CPNS K2 Diduga Gunakan Dokumen Palsu  

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here