Bupati Minta Polres Tindak Tegas Penambang Liar

Bupati memberikan batas waktu kepada para pemilik lahan yang dijadikan penambangan untuk segera menghentikan aktivitas penambangan batubara dan menutup lokasinya hingga akhir bulan Desember 2014 lalu.

Jika diawal januari 2015 ini  masyarakat atau pemilik lahan masih melakukan kegiatan penambangan secara Ilegal,  maka bupati secara tegas  meminta Polres Muara Enim untuk melakukan penangkapan.

Menurut Muzakir, upaya pencegahan telah dilakukan melalui pendekatan kepada masyarakat.  Namun mereka  masih saja tidak  berhenti melakukan kegiatan penambangan ilegal.

“Upaya persuasif kepada masyarakat telah dilakukan jauh-jauh hari sebelum diberikan batas waktu. Saya turun langsung memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pemilik lahan agar tidak melakukan penambangan secara illegal,” jelas Bupati, kemarin (4/1/2015).

Diakuinya ,Pemkab Muara Enim telah berupaya mencarikan solusi antara pemilik lahan, masyararakat penambang dengan pengusaha yang memiliki Ijin Usaha Penambangan(IUP).

Namun belum ada titik temu dan perusahaan pemilik IUP sendiri belum memberikan jawaban untuk mengatasi penambangan illegal minning tersebut. 

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto mengatakan penanganan penambangan liar  harus dilakukan secara komprehensif.  Melibatkan seluruh unsur terkait. Pemerintah daerah telah melakukan sosialisasi beberapa kali menyangkut pelanggaran Undang-undangnya, keselamatan mereka (penambang), kerawanan terhadap kerusakan lingkungannya.

“Ilegal minning tergolong pelanggaran hukum,” tegas Kapolres. Dia akan melakukan penertiban. Karena sebelumnya, sosialisasi sudah dilakukan. Kemudian pihaknya telah melakukan rapat dan sekaligus cek ke lapangan. Diharapkan para pemilik lahan sadar dan tidak lagi melakukan penambangan secara ilegal. (Me)

Berita Lain:
Hati-Hati Bermain Media Sosial, Bisa Masuk Penjara
Kejari Muara Enim : Jangan Takut Lapor Jika Ada Indikasi Penyalahgunaan Anggaran
Truk Batubara Tabrak Rumah Warga
Harga Beras di Muara Enim Naik
Pemkab Muara Enim Belum Terima DBH Pajak dari Pemprov Sumsel
Menjambret Tas, Pembalap Motor Ditangkap di Areal Balapan
Yukk…Cari Tahu Tentang Kolesterol
Korupsi Bansos TIK, Kejari Rampungkan Berkas
Penyidikan 2 Kasus Korupsi di Muara Enim Tunggu Audit BPKP

 

 

 

 

Leave a Reply