Kejari Muara Enim : Jangan Takut Lapor Jika Ada Indikasi Penyalahgunaan Anggaran

“Apabila ada indikasi kejanggalan dalam penggunaan anggaran yang telah dikucurkan pemerintah dalam setiap kegiatan, jangan takut melapor,” katanya disela-sela peringatan HUT Satpam di Mapolres Muara Enim, Selasa (30/12/2014).

Dengan cara itu, kata dia, pemerintah dan aparat penegak hukum dapat memantau hasil kerja pihak ketiga atau rekanan yang dilakukan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Namun Adhyaksa meminta agar masyarakat dapat memberikan informasi yang akurat tentang pekerjaan-pekerjaan yang dinilai kurang atau bahkan tidak sesuai aturan. Sehingga, aparat penegak hukum dapat bertindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Jika memang ditemukan ada pekerjaan yang tidak sesuai bestek, silakan lapor ke kami. Sebab pekerjaan yang telah menggunakan dana rakyat itu harus bermanfaat bagi rakyat, bukan untuk menguntungkan pribadi-pribadi semata,”tuturnya.

Adhyaksa mengatakan pihaknya akan membantu pembangunan di Kabupaten Muara Enim dengan cara memberikan pemahaman tentang sesuatu hal yang boleh dan tidak dilakukan. “Jika ada pihak berkonsultasi tentang bagaimana langkah yang baik dan benar dalam melaksanakan pekerjaan, kami siap. Intinya kami akan bantu memberikan ilmu tentang bagaimana hal yang boleh dan tidak,” kata Adhyaksa.

Sebagai aparat penegak hukum, pihaknya juga sangat mendukung pembangunan-pembangunan yang dilakukan Pemkab Muara Enim. Caranya tentu melalui kajian-kajian hukum yang memang diketahui dan difahami Kejaksaan sebagai sebuah institusi.

“Kepada siapa pun, jika ada hal yang tidak dimengerti silakan datang kepada kami, kami akan berikan aturan-aturannya. Sehingga pekerjaan yang menelan biaya cukup besar dari APBD dapat dinikmati masyarakat. Yang menjadi masalah saat ini, kebanyakan pekerjaan baru selesai beberapa bulan sudah rusak lagi,” ungkapnya.

Adhyaksa meyakini Pemkab Muara Enim menginginkan anggaran yang digunakan untuk membiayai pembangunan hasilnya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung. Namun, biasanya sering kali pihak ke-3 selaku  rekanan ingin mengambil keuntungan yang sangat besar, sehingga mengenyampingkan kualitas dari pekerjaan yang dilaksanakan.(Me)

Berita Lain:
Bencana AirAsia: Tim SAR Temukan Dua Korban Tewas
Pemerintah Segera Sesuaikan Harga BBM Subsidi
Yuki Kato Berharap Penumpang Air Asia Selamat
Presiden Jokowi Pantau Proses Pencarian Pesawat Air Asia
Harga Beras di Muara Enim Naik
Pemkab Muara Enim Belum Terima DBH Pajak dari Pemprov Sumsel
Menjambret Tas, Pembalap Motor Ditangkap di Areal Balapan
DPRD Muara Enim Sahkan Alat Kelengkapan Dewan
Sedang Atur Lalu lintas, Dua Polisi Di Tabrak Truk Batubara

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here