Samad minta tunda pemilihan komisioner KPK

“KPK ingin pergantian Busyro dilakukan bersamaan dengan pergantian semua komisioner. Konkretnya kita minta penundan, agar pengisian komisioner satu orang itu dilaksanakan pada 2015,” kata Samad dalam rapat dengar pendapat antara Komisi III dengan KPK, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, (1/12/2014).

Menurutnya, pergantian komisioner KPK yang dilaksanakan secara bersamaan dapat menghemat anggaran negara. Sebab kata dia, seleksi satu ataupun empat pimpinan akan menghabiskan anggaran yang sama. “Dalam tempo yang tidak terlalu lama kembali menyeleksi empat calon pimpinan lainnya itu bersifat pemborosan,” ujarnya.

Dia mengaku pihaknya telah melayangkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 16 Juni 2014, perihal penundaan pemilihan pimpinan KPK.

Namun dalam perjalanannya, lanjut dia,  Kementerian Hukum dan HAM yang dipimpin Amir Syamsuddin, tetap membentuk panitia seleksi untuk mencari Busyro yang masa jabatannya akan berakhir 10 Desember 2014.

“Kami akan menolak apabila pemerintah dalam hal ini mengisi kekosongan pimpinan mengeluarkan Perppu atau Keppres menunjuk seseorang untuk mengisi jabatan wail ketua KPK. Jadi kami tidak menghendaki pemerintah tiba-tiba mengeluarkan Perppu atau Keppres,” lanjutnya.

Kendati demikian, kata Samad, KPK menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi III DPR untuk melakukan seleksi calon pimpinan di lembaga anti rasuah itu.

“KPK tidak dalam menyetujui atau menolak calon tertentu. Kita sadar kewenangan memilih itu dimiliki Komisi III DPR. Kita hormati dan pahami. Kami tetap menganggap sebaik dan seideal mungkin pengisian salah satu calon pimpinan dilaksanakan 2015,” kata dia.

Berita Lain:
PDAM Lematang Enim Terus Tingkatkan Pelayanan
Presiden Jokowi Akui Larang Menteri Rapat dengan DPR
Politisi PDIP Ragukan Jaksa Agung Pilihan Jokowi
Pasca Kenaikan BBM: Pemerintah Intensifkan Konversi BBM Ke BBG
Personel TNI Dan Personel POLRI Bentrok di Batam
Desa Model, Program Terobosan TP PKK Kabupaten Muara Enim
Bujang Gadis Serasan; Brain, Beauty, Behavior
Akbid Muara Enim, Pabriknya Bidan Unggulan
PPK dan PPS Belum Terbentuk, Tunggu Keputusan KPU Pusat

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here