Masyarakat Semende Minta Wagub Sumsel Bangun RS Pratama dan Infrastruktur

Permintaan tersebut disampaikan oleh warga melalui teleconference yang dilakukan oleh Wagub bersama dengan Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Muara Enim kemarin. Teleconference dilakukan sebagai salah satu rangkaian acara usai rapat paripurna DPRD Kabupaten Muara Enim dalam rangka HUT Kabupaten Muara Enim ke 68.

Salah seorang  perwakilan warga  Desa Pulau Panggung Kecamatan SDL yang merupakan kader penggerak KB kecamatan, Evi mengungkapkan, saat ini yang sangat mendesak diperlukan adalah keberadaan rumah sakit minimal type pratama. Menurutnya jarak tempuh yang jauh, terkadang pasien dan keluarga kerepotan karena harus dirujuk ke RS HM Rabbain Muara Enim atau ke Palembang.

“Kalau program berobat disini sudah baik, hanya saja alangkah baiknya disini dibangun rumah sakit yang bisa menampung pasien dari tiga kecamatan masing-masing Semende Darat Laut, Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Ulu (SDU),” ujarnya.

Sementara perwakilan warga yang lain yaitu Suparman mengungkapkan, hal yang paling mendasar dan mendesak saat ini adalah perluasan dan peningkatan jalan baik dari Muara Enim ke SDL yang merupakan jalan provinsi maupun jalan ke dua kecamatan yaitu SDT dan SDU.

Suparman menuturkan kondisi jalan, terutama jalan provinsi sudah sangat sempit, karena banyaknya semak belukar di pinggir jalan. Sementara untuk jalan  akses ke dua kecamatan lain dari SDL  sangat menghkawatirkan karena banyaknya potensi longsor.

“Kalau kondisi jalan sudah baik dan lancar, harapan peningkatan ekonomi masyarakat juga bisa sedikit terjamin,” ujarnya.

Terkait tebas bayang di jalan provinsi menuju ke kecamatan SDL dari Simpang Meo hingga ke Desa Pulau Panggung, menurutnya warga kecamatan siap untuk melakukan gotong royong. Hanya saja karena jalan tersebut adalah jalan provinsi, mohon kepedulian dari pihak pemprov Sumsel.

“Kami seluruh warga siap untuk melakukan itu (gotong royong),”ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ishak Mekki mengatakan, semua usulan yang disampaikan oleh masyarakat di Kecamatan tersebut akan  dibawa ke provinsi. Tentu saja menurutnya dukungan  ketersediaan lahan untuk lokasi untuk pembangunan rumah sakit juga harus siap. Sementara untuk jalan, sudah ada anggaran rutin untuk perawatan, namun ada rencana untuk penambahan anggaran.

“Yang pasti semua usulan akan kami bawa ke provinsi dan kami usulkan penganggaran  tahun mendatang,” ujar Ishak berjanji.

Sementara Bupati Muara Enim mengatakan, khusus untuk jalan akses menuju ke dua kecamatan masing-masing SDU dan SDT dari Pulau Panggung akan dilakukan pengalihan jalur sepanjang lebih kurang 600 meter di Desa Batu Surau. Karena kondisi jalan memang sudah tidak layak dilewati karena sangat rawan longsor.

“Memang jalur itu sudah sangat rawan longsor, karena sebelah kanan bukit dan sebelah kiri jurang, jadi akan kita lakukan pengalihan, namun kami membutuhkan dukungan dari masyarakat disana,”ujarnya.

Berita Lain:
PTBA Gelontorkan Dana Rp 9,2 Miliar untuk Pembangunan Masjid Agung Raya
HUT Muara Enim: Bupati Ajak Masyarakat Tingkatkan Prestasi yang Sudah Diraih
Dwi Windarti, Wakil Ketua DPRD Muara Enim Perempuan Pertama
Proyek Air Bersih PDAM Lematang Rampung
Real Adventure Muara Enim II Diikuti 726 Crosser
Kapolres Baru Janji Tingkatkan Pelayanan
Ditodong Pistol, Sepeda Motor Dirampas
Bupati Segera Tempati Kantor Baru

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here