HUT Muara Enim: Bupati Ajak Masyarakat Tingkatkan Prestasi yang Sudah Diraih

Muzakir menyatakan, dia bertekad mewujudkan visi misi Kabupaten Muara Enim yang Sehat Mandiri Agamis dan Sejahtera (SMAS) pada 2018 mendatang.

“Untuk mewujudkan visi misi SMAS tersebut, Pemkab Muara Enim sudah menetapkan enam program strategis dalam rangka mempercepat pembangunan disegala bidang,” ujar Muzakir dalam sambutannya pada Rapat paripurna DPRD memperingati HUT Kabupaten Muara Enim ke-68 di gedung DPRD Muara Enim, Selasa (25/11/2014).

Enam program tersebut adalah,  Pertama, melakukan program percepatan  menurunkan angka kemiskinan, adapun program yang dilaksanakan yakni meningkatkan pendidikan dan sekolah gratis, penyediaan air minum untuk masyarakat, melakukan perbaikan rumah tidak layak huni, membangun rumah sakit kelas III lima lantai, membangun Bank Pengkreditan Rakyat (BPR), membangun gedung Balai Latihan Kerja (BLK), serta terus memaksimalkan program gerakan pembangunan Serasan Sekundang (Gerbang Serasan) dalam memberikan bantuan kepada masyarakat untuk modal usaha.

Kedua, pemantapan program reformasi birokrasi yang sudah dimulai sejak 2012, melalui program peningkatan sumber daya aparatur pemerintah, menciptakan birokrasi yang bersih, efisien dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, melaksanakan penerimaan CPNS menggunakan sistem CAT, pemberian remunerasi (tunjangan kinerja pegawai). Hasil yang sudah didapat yakni LAKIP dengan nilai B, opini keuangan dengan nilai WTP. 

Ketiga, Meningkatkan kualitas pembangunan pertanian dalam arti luas melalui pengembangan Agropolitan Semendo, serta mengalokasikan anggaran belanja langsung dibidang pertanian sebesar 15 persen dari APBB Muara Enim.

Keempat, Meningkatkan penyediaan infrstruktur daerah, seperti pembangunan jalan, jembatan, penyediaan jaringan listrik, air bersih. Serta menjadikan Kabupaten Muara Enim memiliki daya saing masuknya investasi. Kelima, meningkatkan pembangunan ekonomi berbasis sumber daya lokal melalui peningkatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah, mendorong tumbuhnya UMKM, serta memudahkan pelayanan investasi. Keenam, melakukan pelestarian lingkungang hidup  dan penanggulangan bencana melalui penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30 persen diperkotaan, berperan aktif menurunkan gas emisi rumah kaca dan redd++, serta melakukan pengendalian pencemaran lingkuangan dan pencegahan bencana.

Pada kesempatan itu bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh SKPD dan masyarakat Bumi Serasan Sekundang. Sehingga pada 2014 ini, Muara Enim banyak meraih prestasi penghargaan tingkat nasional dan Sumsel, seperti penghargaan bidang pertanian dari Presiden SBY, penghargaan dari KTNA pusat, piala adipura ke-9, piala WTN ke-4, penghargaan CSR tingkat nasional, penghargaan seleksi CPNS system CAT dari BKN Pusat, penghargaan Green City dari The La Tofi, penghargaan Pangripta Sriwijaya terbaik I tingkat Sumsel dalam perencanaan daerah dan sejumlah penghargaan lain.

“Semua penghargaan yang didapat ini tidak terlepas dari dukungan semua elemen masyarakat Kabupaten Muara Enim,” kata Muzakir.

Sementara itu, Wagub Sumsel  H Ishak Mekki yang hadir dalam rapat tersebut memberikan apresiasi dan penghargaan, atas capai kinerja yang telah dilakukan Pemkab Muara Enim di bawah kepemimpinan bupati Muzakir Sai Sohar dan Wabup Nurul Aman selama 2014 yang sudah banyak mendapatkan penghargaan baik tingkat pusat maupun Sumsel.

“Prestasi yang didapat hendaknya dapat terus memacu Pemkab Muara Enim ditahun mendatang untuk lebih baik lagi dan terus mendapatkan penghargaan. Serta selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata mantan Bupati OKI ini.

Usai paripurna dilakukan penyerahan penghargaan Wredatama Anugrah Madya dari Persatuan Wredatama RI (PWRI) pusat kepada Wabup Muara Enim Nurul Aman. Setelah itu dilakukan teleconference antara wagub Ishak Mekki,  Bupati Muzakir Sai Sohar, Wabup Nurul Aman,  Sekda Taufik Rahman dan pimpinan DPRD dengan camat dan masyarakat  Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL).

Berita Lain:
PTBA Gelontorkan Dana Rp 9,2 Miliar untuk Pembangunan Masjid Agung Raya
Masyarakat Semende Minta Wagub Sumsel Bangun RS Pratama dan Infrastruktur
Dwi Windarti, Wakil Ketua DPRD Muara Enim Perempuan Pertama
Proyek Air Bersih PDAM Lematang Rampung
Real Adventure Muara Enim II Diikuti 726 Crosser
Kapolres Baru Janji Tingkatkan Pelayanan
Ditodong Pistol, Sepeda Motor Dirampas
Bupati Segera Tempati Kantor Baru

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here