Ahok Gubernur Jakarta

“Saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ujar Ahok yang mengikuti ucapan Jokowi.

Dalam pelantikan ini hadir para menteri Kabinet Kerja, pejabat lembaga tinggi dan sejumlah tokoh, termasuk mantan presiden Megawati Soekarnoputri dan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Dari pihak Ahok, selain sang isteri, Veronica Tan, hadir juga ibunda Ahok, Buniarti Ningsih serta tiga anak Ahok yakni Nicholas, Nathania dan Daud Albeenner dan keluarga besar Ahok, yang sebagian khusus datang dari Belitung.

Usai pembacaan sumpah dan penandatanganan, Jokowi dan ibu negara Iriana kemudian menyalami Ahok dan Veronica. Saat bersalaman dengan Jokowi, senyum cerah terlihat dari bibir Ahok. Jokowi pun mengumbar senyum. Keduanya berjabat tangan cukup lama, sambil tersenyum.

Tak lama, keduanya berfoto bersama. Ikut bergabung dalam foto bersama, Iriana, Veronica, Wapres JK, Mufida Kalla, dan Megawati. Ahok dan Jokowi adalah pasangan yang memenangkan pemilihan Gubernur DKI jakarta September 2012 lalu. Pasangan ini berpisah, setelah Jokowi terpilih menjadi Presiden RI

Ahok menjadi Gubernur pertama yang dilantik langsung oleh Presiden Jokowi usai terbit Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pilkada.  Pada pasal 163 Perpu tersebut disebutkan bahwa, Gubernur dilantik oleh Presiden di Ibu Kota Negara. Sebelum Perpu Pilkada berlaku pelantikan kepala daerah mengacu pada Undang-undang nomor 32 tahun 2004. Pada pasal 111 UU tersebut menyebutkan bahwa, Gubernur dan wakil Gubernur dilantik oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden.

Tapi Ahok bukan gubernur pertama yang dilantik presiden. Sebelumya,  pada 10 Oktober 2012, Presiden SBY melantik Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur Yogyakarta di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Ketentuan dalam UU nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang disahkan pada 31 Agustus 2012 lalu mewajibkan Gubernur Kota Gudeg itu dilantik langsung oleh Presiden.

Lalu pada tahun 1966 Presiden Sukarno juga pernah melantik Ali Sadikin menjadi Gubernur DKI Jakarta di Istana. Sebelumnya pada 19 Juni 1948, Presiden Soekarno melantik Mr. S.M. Amin sebagai Gubernur Sumatera Utara definitif. Upacara pelantikan berlangsung di Pendopo Keresidenan Aceh Provinsi Sumatera Utara.

Keluarga Ahok

Bagaimana tanggapan keluarga Ahok atas pelantikannya sebagai Gubernur DKI Jakarta?  Ibunda Ahok Buniarti Ningsih mengaku belum bangga anaknya dilantik menjadi gubernur. Kenapa?

“Saya nggak bangga, karena masih ada yang miskin, masih banyak yang banjir, masih banyak masalah lain. Kalau itu semua sudah selesai saya baru bangga,” ucap Buniarti saat menghadiri acara pelantikan Ahok di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (19/11/2014).

Buniarti yang biasa dipanggil ‘Emak’ oleh Ahok ini berpesan agar anaknya bisa menjaga amanah dalam menjalani tugas. Dia juga selalu berdoa agar anaknya selalu diberi keselamatan di manapun berada.

“Kalau dia jujur dan cinta negara ini, Tuhan pasti jaga,” ucap Buniarti yang sehari-hari tinggal di rumah Ahok ini. (Junel)

Baca Juga:
Golkar Percepat Munas 30 Nopember
JK Siap Jawab Interpelasi BBM
Sejarah Kenaikan BBM Bersubsidi di Indonesia
PKS; Kenaikan BBM Perburuk Perekonomian
Jokowi Resmi Naikkan Harga BBM
KemenPAN-RB dan KPK Teken MoU Cegah Gratifikasi

 

 

 

 

Leave a Reply