Dua WNI Ikut Wamil, Ini Kata Singapura

Pemerintah Indonesia langsung melakukan investigasi terhadap kedua WNI pemegang permanen resident (PR) ini. Lalu apa tanggapan pemerintah Singapura sendiri?

“Dua anggota NSF (full-time national servicemen), yang merupakan permanent resident (PR) Singapura, merupakan bagian dari unit militer yang berpartisipasi dalam latihan bilateral tahunan antara SAF (Singapore Armed Forces) dengan TNI untuk meningkatkan hubungan militer,” begitu pernyataan Kementerian Pertahanan Singapura seperti dilansir media setempat, The Straits Times, Kamis (13/11/2014).

“Bagaimanapun juga, mereka ditarik dari latihan dan dipulangkan ke Singapura. Mereka tidak ikut berpartisipasi dalam latihan bilateral,” imbuhnya.

Tidak disebutkan identitas kedua WNI tersebut, namun dengan status mereka sebagai PR Singapura, keduanya memang diharuskan ikut wajib militer di negara tersebut.

Kemlu RI sendiri, sebagaimana dikutip dari detikcom juga telah berkomentar tentang hal ini. “Ada dua warga negara kita yang ikut wamil di Indonesia, ketahuannya pas latihan gabungan dengan TNI,” terang Direktur Perlindungan TKI dan BHI Kemlu, Krisna Djaelani, Rabu (12/11/2014).

Menurut Krisna, peristiwa itu sudah ditangani. “Kalau berdasarkan peraturan di Singapura permanent resident mempunyai hak dan kewajiban sama dengan warga negara asli. Jadi ada kewajiban mereka ikut wajib militer,” jelas Krisna

Krisna menjelaskan, sesuai aturan yang ada di Indonesia, WNI yang ikut wajib militer atau bergabung dengan tentara negara lain maka akan hilang kewarganegaraannya. “Otomatis hilang kewarganegaraannya. Sekarang kita sedang melakukan kerjasama dengan Kemenkum HAM. Ini ranah dari Kemenkum HAM,” tutup Krisna. (Junel)

Berita Lain:
Mengapa WNI Bisa Ikut Wajib Militer Di Singapura
Dua WNI Kedapatan Ikut Wamil Singapura
Indonesia Darurat Kejahatan Seksual Terhadap Anak
KMP VS KIH, Konflik Yang Belum Juga Selesai
Video Presentasi Jokowi di Apec, Terpopuler
Mau “Ngebom” Kapal Asing Ilegal, Menteri Susi Tak Punya Solar
KIH dan KMP Kompak Hadang Wartawan
Tolak Kenaikan Harga BBM, Effendi Simbolon Siap Kena Sanksi
Mendagri Membolehkan WNI Kosongkan Kolom Agama Di KTP
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply