Pemerintah Segera Luncurkan KIS

Adapun target penerima KIS ini adalah masyarakat pra sejahtera yang belum menerima kartu BPJS. Sama seperti Anggaran Kartu Indonesia Pintar (KIP), anggarann KIS juga  akan menggunakan APBN 2014 yang sudah disetujui pemerintah dan DPR periode lalu. Anggaran tersebut memang telah difokuskan untuk bidang kesejahteraan rakyat.

“KIS targetnya untuk masyarakat pra sejahtera yang belum terima kartu BPJS. Sebanyak 86,4 juta orang yang akan menerima di tahun 2014 dan 2015 tapi kami harap nanti bisa bertambah,” kata Puan, Jumat (31/10/2014) di Jakarta. Penegasan soal KIS  dan BPJS ini disampaikan Puan, terkait adanya kebingungan beberapa kalangan masyarakat saat akan dilakukannya  peluncuran KIS ini, mengenai kelangsungan kartu BPJS Kesehatan. 

Menteri Kesehatan Nila Moeloek, minta masyarakat tidak bingung. Karena menurut Menkes,  konsep KIS tidak berbeda jauh dengan program BPJS Kesehatan. Dan KIS diberikan kepada warga yang belum mengikuti kepesertaan KIS

“(Konsep KIS dan BPJS Kesehatan) Itu yang lagi diatur tapi tidak berbeda dengan BPJS Kesehatan,” ujar Nila saat ditemui di kantor Kemenko PMK,  Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (31/10/2014).

Gunakan 6,4 T Dana Bansos

KIS, bersama KIP dan Kartu Keluarga Sejahtera, menurut  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, merupakan bagian dari program besar dari Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yakni Keluarga Produktif yang akan dilaksanakan selama November hingga Desember 2014. . Ketiga kartu itu, menggunakan anggaran sebesar Rp 6,4 triliun dari dana Bansos.

“Untuk KIS, KIP? dan KKS dananya Rp 6,4 triliun dari Bansos. Makanya prosesnya dilakukan terlebih dulu sebelum ada proses subsidi nanti. Katiga kartu itu diharapkan bisa dipegang 1,7 juta penyandang masalah kesejahteraan sosial di Indonesia,” ujar Mensos  Khofifah Indar Parawansa usai rapat di Kemenko PMK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (31/10/2014). (Junel)

Baca Juga:
Edhy Prabowo Terpilih Menjadi Ketua Komisi IV DPR RI
8 Menteri Perempuan Dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK
Profil 34 Menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK
Kabinet Kerja Jokowi-JK
1 Milyar Anggaran Pelantikan Presiden
 
 
 

 

 

 

Leave a Reply