Jelang AFF: Indonesia Bantai Timor Leste, 4-0

Di awal babak pertama, Timor Leste sempat mengejutkan Kurnia Meiga dan kawan-kawan. Tekanan yang mereka lakukan berbuah dua peluang melalui striker andalannya Almeida. Untungnya dua peluang emas tersebut gagal dia konversikan menjadi gol. SUndulan dan tendangan Almeida dari dalam kotak penalti masih melenceng di sisi gawang Kurnia Meiga.

Perlahan tapi pasti, timnas akhirnya keluar dari tekanan dan tampil lebih agresif. Hasilnya pada menit ke 10, penyerang natuaralisasi asal Belanda. Sergio van Dijk merobek gawang Timor Leste yang dikawal Ramos Ribeiro Maxanches. 1-0 Indonesia memimpin.

Setengah jam kemudian Indonesia kembali mencetak gol melalui Zulham Zamrun. Pemain Mitra Kukar ini mampu menaklukan Ramos dengan kepalanya setelah menerima umpan terukur Zulkifli Syukur.

Evan Dimas yang melakukan debutnya di timnas tak mau ketinggalan. Seakan ingin menunjukkan diri dia layak bermain di timnas senior, mantan kapten timnas U-19 ini juga mencatatkan namanya di papan skor. Gol Dimas berawal dari umpan silang dari Zulfikli Sukur, Van Dijk meneruskan bola ke kaki Evan yang masuk dari lini kedua. Evan tanpa kesulitan menaklukkan Ramos. saat jeda Indonesai unggul 3-0.

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mengundurkan serangan, Pergantian pemain yang dilakukan pelatih Alfred Riedl tidak membuat permainan timnas mengendur. Ramdani Lestaluhu dan Manahati Lestusen digantikan Ahmad Bustomi dan Bayu Gatra Sanggiawan. Sementara Cristian Gonzales menggantikan tempat Van Dijk dan Syamsul Arif mengisi tempat Evan Dimas.

Pergantian tersebut ternyata membuahkan hasil. Lima menit memasuki lapangan, Samsul Arif mencetak gol keempat Berawal dari serangan di sisi sayap, sepakan keras pemain Arema Cronus itu gagal diantisipasi oleh penjaga gawang lawan. 4-0.

Pada pertandingan ini, Timor Leste terlihat kesulitan menembus daerah pertahanan Indonesia yang di kawal Fachruddin Wahyudi, Zulkifli Syukur, Rizki Pora dan Muhamad Roby. Tim besutan Antonio Carlos Vieira ini hanya mampu bermain bertahan dengan sesekali melakukan serangan balik. (Amr)

Susunan pemain:

Indonesia:
Kurnia Meiga (Dian Agus Prasetyo 76′); Zulfkifli Syukur, Muhammad Roby, Fachruddin, Rizky Ripora, Raphael Maitimo, Manahati Lestusen (Ahmad Bustomi 46′), Ramdani Lestaluhu (Bayu Gatra 46′), Evan Dimas (Samsul Arif 63′), Zulham Zamrun (Dedi Hartono 74′), Sergio van Dijk (Cristian Gonzales 63′)

Timor Leste:
Ramos Maxanches; Paulo Martins, Cacio Souza, Filipe Bertoldo (Carlos Geovano Magno 83′), Patrick Fabiano, Chiqiuto Filipe Do Carmo (Nataniel Reis 66′), Ezaquiel Dos Santos Fernandes (Agostinho da Silva Araujo 86′), Adelino Coelho De Oliviera, Jose Fonseca, Nicolames Fernandez, Murilo de Almeida.

 
Berita Lain:
KIH dan KMP Kompak Hadang Wartawan
Rencana Pembangunan Jembatan Selat Sunda Distop
Gubernur Sumsel Sambut Baik Rencana Kenaikan Harga BBM
Sejumlah Kepala Negara Tunggu Jokowi
 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here