Mendagri Tjahjo Larang Pejabat Gunakan Fasilitas VIP

“Saya akan membuat surat kepada pejabat daerah, gubernur, bupati dan wali kota untuk bepergian tidak menggunakan VIP room, harus lewat ruang biasa, lewat pintu biasa. Juga pengamanan dan fasilitas,” ujar Tjahjo Kumolo saat prosesi serah terima jabatan Mendagri di Kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (31/10/2014).

Tjahjo mengatakan, tujuan kebijakan itu agar para pejabat daerah bisa lebih peka dan dekat dengan masyarakat, terutama dalam menyerap aspirasi masyarakat.  Dia juga melarang para pejabat daerah tersebut mendapat pengawalan ketat saat bepergian, kecuali dalam kondisi darurat atau dengan alasan yang sangat mendesak.

“Kalau pejabat daerah yang datang ke Jakarta, dikawal ketat, masuk ruang VIP, bagaimana bisa mendengar keluhan masyarakat. Kecuali kalau mendesak, yang tidak bisa ditunda, apa boleh buat,” katanya.

Mendagri Tjahjo juga menyorot banyaknya para pejabat daerah yang kerap bepergian ke luar negeri dengan alasan kedinasan. Menurutnya itu tak baik dan ke depan pihaknya akan melakukan pengawasan lebih ketat dan akan lebih selektif memberikan izin bepergian ke luar negeri bagi para pejabat daerah.

“Banyaknya pejabat daerah yang kunjungan ke luar negeri, itu harus lebih selektif. Tahun ini saja, maaf, 80% kunjungan tersebut hanya sifatnya berlibur, safari. Padahal kunjungan ke luar negeri, yang sifatnya untuk studi banding, harus lebih terpadu, bukan malah pergi berlibur, ngajak keluarga lagi ” ujar Tjahjo. Kebijakan lain, dia memutuskan akan memindahkan sekitar 75 persen pegawainya di salah satu Direktorat Jenderal (Dirjen) Kemendagri ke Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Akan ada salah satu Dirjen di kementerian ini yang 75 persen pegawainya pindah ke kementerian lain yaitu ini ada kementerian pembangunan desa, dan daerah tertinggal,  Meski ada kementerian baru, Presiden Jokowi tak mau mengadakan pengangkatan pegawai dan pembangunan gedung baru. Jadi yang  ada kita optimalkan. Silakan ambil 75 persen staf maupun pejabat di sini (Kemendagri) untuk dipindah tugaskan ke kementerian baru. Ini tugas, di mana-mana sama. Kita ini adalah pelayan masyarakat” Ujar Mendagri dari yang mantan Sekjen DPP  PDI Perjuangan ini
Gamawan Minta Maaf

Mendagri Gamawan Fauzi , di kesempatan ini menyampaikan permohonan maaf baru bisa melakukan acara ini, karena dirinya harus menjalani operasi terlebih dahulu.

“Hari ini secara resmi saya bisa hadir dalam kapasitas sebagai mantan Mendagri untuk melaksanakan pisah sambut dengan bapak Mendagri yang baru Bapak Tjahjo Kumolo sekaligus serah terima Ketua Penggerak Tim PKK Pusat,” ujar Gamawan Fauzi. (Junel)

Berita Lain:
Pemerintah Segera Luncurkan KIS
Edhy Prabowo Terpilih Menjadi Ketua Komisi IV DPR RI
8 Menteri Perempuan Dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK
Profil 34 Menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK
Kabinet Kerja Jokowi-JK

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here