Jelang Ramadhan, Harga Sembako Merangkak Naik

Kenaikan cukup signifikan terjadi pada harga bawang merah dan bawang putih dari Rp 18 ribu/kg kini naik menjadi Rp 20-24  ribu/kg. Begitu juga telur ayam dari Rp 17 ribu/kg naik menjadi  Rp 20 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga bawang merah ini sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Harganya bakal naik terussampai menjelang lebaran nanti. Kami juga tidak tau persis apa penyebab kenaikannya. Karena dari agennya harganya sudah naik maka kami juga terpaksa menaikkan,” jelas seorang pedagang bawang di pasar Muara Enim yang tidak menyebutkan namanya, Jumat (6/6/2014).

Kabid Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muara Enim, Ansori, mengatakan menjelang bulan Ramandhan ini kenaikan harga sembako tidak saja terjadi di Muara Enim tetapi hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Kenaikan harga disebabkan faktor meningkatnya permintaan masyarakat, namun kenaikannya masih dalam tahap kewajaran.  “Harga sembako tersebut tidak semuanya naik, tetapi lebih bersifat fluktuatif ada yang naik tetapi ada juga turun,” jelasnya.

Pihaknya menghimbau kepada para pelaku usaha untuk tidak melakukan spekulasi harga  dengan memanfaatkan situasi menjelang Ramadhan maupun menjelang Lebaran ini. Terutama harga harga sembako yang sangat dibutuhkan masyarakat seperti bawang merah, telur, daging, cabai, gula dan jenis sembako lainnya. (Me)     


Berita Lain:

Kapolsek Sungai Rotan Diganti
Senggol Dump Truck, Pengedara Sepeda Motor Tewas
Sepeda Motor Dinas Direktur PDAM Lematang dicuri

 

 

 

Leave a Reply