Bangunan Pasar Desa Air Lintang Mubazir

“Kami sangat menyayangkan, pasar ini dibangun menghabiskan dana cukup banyak, tetapi sampai sekarang tidak ditempati. Yang lebih memprihatinkan lagi, bangunan pasar  ditumbuhi rumput liar. Kalau pasar ini tidak segera ditempati akan cepat rusak,” jelas Solihin salah seorang warga, Senin (17/3/2014).
               
Menurut Solihin, pembangunan pasar tersebut sangatlah tidak tepat dan hanya membuang anggaran. Karena letaknya sangat dekat dengan pasar pagi Kota Muara Enim. Sehingga masyarakat Air Lintang lebih suka berbelanja ke pasar pagi ketimbang di pasar desa tersebut.

“Siapa yang mau berjualan di pasar itu, dan siapa pula yang menjadi pembelinya. Saya menilai pembangunan pasar ini tanpa ada perencanaan yang matang. Hanya sekedar untuk menghabiskan anggaran saja,” tegas Solihin.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muara Enim, Ansori, ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa pasar yang telah selesai dibangun itu belum ditempati.  “Pada tanggal 3 Maret lalu kita telah melakukan rapat di Pemkab Muara Enim untuk membahas masalah rencana penempatan pasar tersebut,” jelas Ansori yang berhasil dihubungi, Senin (17/3/2014).
                
Menurutnya, menindak lanjuti hasil rapat di Pemkab Muara Enim, pihaknya pada tanggal 20 Maret mendatang akan memanggil Camat dan Lurah Air Lintang untuk membicarakan siapa saja pedagang yang akan menempati dan berjualan di pasar tersebut.

Di tempat Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Fajeri Erham, ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa pengelolaan pasar desa yang dibangun oleh Disperindag semuanya diserahkan ke BPMD. Penyerahan itu diatur sesuai dengan Peraturan Daerah.

“Masalah pasar desa, mulai tahun 2014 ini pembangunannya dan pengelolaannya diserahkan ke BPMD. Pasar desa yang telah selesai dibangun tersebut nantinya diserahkan desa untuk mengelolanya,” jelas Fajri. (Me)

Berita Lain:
Kawasan Semende Berpotensi Banjir Bandang
25 Perusahaan Tambang Renegosiasi Kontrak
Ini 25 Perusahaan Yang Menandatangani Renegosiasi Kontrak

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here