Dinasti Politik Ratu Atut Di Banten

Ratu Atut Chosiyah

banten, Kabarserasan.com–Ratu Atut selama berkuasa menjadi Gubernur Banten, dianggap banyak pihak telah membangun dinasti politik, dengan menempatkan banyak anggota keluarganya menduduki jabatan strategis. baiks ebagai kepala daerah atau pejabat struktural, tidak saja di tingkat provinsi tapi juga di kabupaten dan kota.

Tidak itu saja, Ratu Atut juga membangun kerajaan bisnis, dengan menjadikan sejumlah anggota keluarga dan kerabatnya menjadi pengusaha di daerah ini. Tapi semua berawal dari orang tuanya, Chasan Sochib.

Sepanjang hidupnya pria asal Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten yang sering mencantumkan nama lengkap Prof DR (HC) H TB Chasan Sochib ini sukses mengantar anak-anak dan istrinya sebagai penguasa Propinsi paling barat Jawa.

Dikutip dari berbagai sumber, Chasan Sochib selain sebagai ayah kandung Ratu Atut Chosiyah, juga ayah kandung dari Wali Kota Serang Tubagus Hearul Jaman dan Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Pria juga sering disapa abah ini merupakan mertua Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany; kakek anggota DPD RI, Andika Hazumi; dan suami Wakil Bupati Pandeglang, Heryani.

Tidak hanya menguasai panggung politik di Banten, Chasan Sochib juga menguasai sektor ekonomi melalui bendera PT Ciomas Raya yang merupakan perusahaan terbesar di Banten di bidang konstruksi jalan dan bangunan fisik lainnya.

Chasan Sochib juga menempatkan keluarganya duduk disejumlah organisasi bisnis seperti Kamar Dagang dan Industri Daerah Banten, Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasio­nal Indonesia Banten, dan Lem­baga Pengembangan Jasa Kon­struk­si Nasional Indonesia Banten.

Berikut anggota keluarga Ratu Atut yang menduduki posisi strategis:

  1. Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Provinsi Banten;
  2. Hikmat Tomet, suami Atut, anggota Komisi V DPR dan Pemilu 2014 ikut kembali pencalegan dari Dapil Banten;
  3. Andika Hazrumy, anak pertama Atut, anggota DPD dan Pemilu 2014 ikut mencalonkan sebagai Caleg Dapil Pandeglang-Lebak;
  4. Ade Rosi Khaerunissa, istri Andika, menantu Atut, Wakil Ketua DPRD Serang dan mendaftar sebagai caleg DPRD Banten dari Partai Golkar;
  5. Andiara Aprilia Hikmat , anak lainnya dari Atut,  mencalonkan diri sebagai anggota DPD;
  6. Tanto Warbono, menantu Ratu Atut, suami Apilia, caleg DPRD Provinsi Banten di Dapil Kota Tangerang Selatan;
  7. Ratu Tatu Chasanah, kakak kandung Ratu Atut, Wakil Bupati Serang;
  8. Haerul Jaman, adik tiri Ratu Atut, Walikota Serang;
  9. Airin Rachmi Diany, adik ipar Ratu Atut, Walikota Tangerang Selatan;
  10. Aden Abdul Cholik, adik ipar Ratu Atut, anggota DPRD Provinsi Banten;
  11. Ibu tiri Ratu Atut, Heryani, Wakil Bupati Pandeglang;
  12. Ratna Komalasari, ibu tiri Ratu Atut, Anggota DPRD Kota Serang;

Leave a Reply