Muzakir Ajak Masyarakat Muara Enim Berprilaku Hidup Sehat

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menyematkan tanda peserta kegiatan Germas

Muara-  Enim, Kabarserasan.com — Indonesia sedang mengalami perubahan pola penyakit atau yang sering disebut transisi epidemiologi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung dan kanker.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengatakan, pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu. Hal ini juga harus didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat.

” Untuk mengajak masyarak berprilaku hidup sehat, diperlukan keterlibatan aktif seluruh komponen baik pemerintah pusat dan daerah, sektor non-pemerintah, dan masyarakat,” kata Muzakir saat membuka acara Penggerakan Massa Pada Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kabupaten Muara Enim di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Kabupaten Muaraenim, Kamis(2/11/2017).|

Muzakir menuturkan, di Provinsi Sumatera Selatan, selama dua tahun berturut – turut (2015-2016) jumlah kasus penyakit tidak menular tertinggi adalah hipertensi, sedangkan jumlah penyebab kematian tertinggi adalah stroke.

Dia berharap, melalui kegiatan Germas ini, akan timbul kesadaran masyarakat Muara Enim akan pentingnya berprilaku hidup sehat.

” Germas ini harus dilakukan tidak hanya di rumah tapi juga di kantor/tempat kerja, sekolah, rumah ibadah, pasar/mall, angkutan umum maupun tempat-tempat umum lainnya,,” harapnya.

” Dengan demikian, Insha Allah masyarakat Kabupaten Muara Enim akan sehat dan produktif sehingga siap menwujudkan Muara Enim SMAS (Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera)”.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala BPJS Kesehatan Muara Enim serta Kepala OPD Lingkungan Pemkab Muara Enim, dan ratusan masyarakat dari berbagai elemen.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

 

Leave a Reply