Garuda Nusantara akan Terbang Tinggi

Timnas U19 2017. (Dok.PSSI)

Muara Enim, Kabarserasan.com – Timnas Indonesia U-19 memang gagal kefinal Piala AFF U-18. Mereka dikalahkan musuh bebuyutan Thailand lewat babak adu penalti, 2-3, di Thuwunna Stadium, Jumat 15 September 2017.

Meski kalah skor, namun secara permainan Tim Garuda Nusantara tetap tim terbaik di ajang ini.

Kekalahan ini memang terasa menyakitkan. Bagaiman tidak, peluang emas 24 karat (istilah komentar) ada empat yang didapat. Tapi tak satupun berhasil menembus gawang Thailand yang dijaga Kantaphat Manpati.

Apakah karena Garuda Nusantara mandul? Tidak juga. Faktanya, selama turnamen berlangsung, ada 19 gol yang berhasil dilesakkan anak asuh Indra Sjafri ini. 2 gol ke gawang Myanmar, 9 ke gawang Filipina, 8 ke gawang Brunei.

Memang, saat melawam Vietnam Garuda Nusantara kalah 0-3. Jika melihat hasil, sepertinya Indonesai menjadi bulan-bulanan Vietnam. Namun bagi yang menyaksikan pertandingan itu akan tahu, Indonesialah yang mendominasi permainan.

Secara keseluruhan saya nilai tim ini sangat baik, bahkan dibandingkan dengan tim pendahulunya, termasuk dengan tim yang diperkuat Evan Dimas yang menjadi juara pada tahun 2013 lalu, tim U-19 saat ini tetap yang terbaik.

Kok bisa? Ya, karena tim ini mempunyai kemampuan fast break yang sangat baik. Menurut saya, selama ini timnas kita tak punya kemampuan melakukan fast break yang baik.

Ketika Igbal atau Luthfi berhasil mematahkan serangan lawan, mereka dengan cepat mengalirkan bola kedepan. Dan secara bersama dua atau tiga pemain ikut merangsek maju. Tak jarang, dua wing back juga sudah masuk pertahanan lawan.

Meski tak selalu menjadi gol, namun paling tidak selalu merepotkan pertahanan lawan. Ini yang belum saya lihat dari timnas sebelumnya.

Artinya timnas U-19 saat ini sangat komplit. Mereka bisa menyerang secara sistemik, dari bawah hingga ke pertahanan lawan. Ditambah dengan kemampuan fast break yang cukup, saya yakin tim ini bisa menjadi harapan masyarakat Indonesia di masa yang akan datang.

Belum bisa juara di Piala AFF 2017, jangan ada kata menyerah apa lagi putus asa. Masih ada kejuaraan lain. Kegagalan di Piala AFF ini jadikan sebagai pelecut semangat.

Mari Kita tatap piala Asia U-19. Kita yang menjadi tuan rumah. Disini raih prestasi tertinggi, agar bisa menembus Piala Dunia U 20 di 2019 nanti.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here