Fenomena Alam Unik, Hamparan Batu Karang di Tengah Ladang

Tumpukan batu karang di tengah ladang warga Dusun Cicarua, Natar-Lampung Selatan/Foto: ano

Bandarlampung, Kabarserasan.com—Keberadaan batu karang umumnya identik dengan lautan atau pantai. Namun pengecualian terjadi dan mengejutkan ditemukan di Dusun Cisarua, Desa Muara Putih, Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Di dusun itu ditemukan hamparan batu karang yang besar dan tinggi di tengah lokasi perladangan warga. Keberadaannya yang jauh dari laut atau pantai, tentu saja menjadi keunikan tersendiri.

Menurut Kepala Dusun Cisarua, Maqrusun, keberadaan hamparan batu karang di tengah ladang ini sudah lama, bahkan sudah puluhan tahun. Luasan hamparan batu karang sekitar 20×20 meter.

Hamparan batu karang/ Foto: ano

“Karena diangap unik, sering dating mahasiswa dari sejumlah universitas di Lampung dan Jakarta untuk melakukan penelitian. Infomasi yang kami dapat dari mereka yang melakukan penelitian, ini karena unsur tanah di wilayah ini mengandung vulkanik,” ujar Maqrusun menjelaskan, Minggu (10/09/2017).

Berbeda dengan batu karang umumnya yang banyak ditemui di laut atau pantai, batu karang di Dusun Cisarua ini tidak ditumbuhi trumbu karang. Oleh aparat desa setempat, keberadaan batu karang unik ini dijadikan obyek wisata. Untuk sementara tidak ada pungutan biaya. Lagi pula, akses jalan menuju lokasi belum memadai. (ano)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here