Tak Transparan Kelola Dana OSIS, Kepala Sekolah SMUN 1 Jambi Didemo Siswa

Ratusan Siswa SMUN 1 Jambi demo tuntut, Kepsel transfaran soal dana OSIS. Kabarserasan.com/Azi

Jambi, Kabarserasan.com– Ratusan SMU Negeri 1, Kota Jambi mendadak berkumpul di halaman sekolah, Senin (21/8/2017).

Mereka belum mau masuk ke lokal masing-masing, lantaran ingin menuntut sesuatu yang dianggap janggal dalam penyelenggaraan sekolah.

Aksi para siswa ini disebabkan, adanya dugaan kurangnya transparansi dana sekolah oleh Kepala Sekolah Eva Riana.

Diantaranya, dugaan penyelewengan dana organisasi siswa dan dana hak guru yang dipergunakan oleh Kepala Sekolah SMU Negeri 1.

Aksi damai oleh siswa SMU N 1 Jambi dikomandani korlap Zikri langsung membawa karton dengan sejumlah tulisan, diantaranya, “Aksi keadilan SMU N 1 dan tidak adanya pungli di SMU N 1, serta dana OSIS kemana, kami siswa kami punya hak dan kami menuntut kebenaran.”

Dalam orasinya, ratusan siswa menyoroti adanya dugaan penyelewengan dana OSIS dan hak-hak guru yang tidak diberikan pada guru dengan semestinya.

Menurut Zikri, sekolah makin tidak jelas saja, ” Kami tidak ingin baju almamater maupun tabungan ada campur tangan oleh kepala sekolah. Kami juga menuntut pengembalian dana OSIS ke rekening OSIS tanpa terkecuali,” katanya.

Disamping itu, mereka mempertanyakan pengeluaran OSIS pada bulan Oktober sejumlah Rp. 12 juta. “Kemana dananya dipakai?” tegas Zikri.

Ironisnya lagi, adanya paksaan dari Kepala Sekolah agar siswi menggunakan hijab di sekolah. “Karena itu kami menenolak paksaan Kepala Sekolah agar menggunakan hijab. Selain itu, mereka juga menolak campur tangan pihak sekolah dan kepala sekolah,” imbuh Zikri.

Menanggapi tuntutan ratusan siswa tersebut, Kabid Pembinaan Sekolah SMU Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Mukti, meminta kawal aspirasi siswa hingga selesai.

“Apapun yang diminta dalam orasi siswa tolong berikan waktu bagi dinas pendidikan untuk menyelesaikannya. Para pengawas akan melakukan verifikasi kepada SMU N 1 Jambi,” tandasnya.

Sedangkan penjelasan Kepala Sekolah SMU N 1 Jambi Eva Riana terkait baju almamater harus dikerjakan sama OSIS bukan ada campur tangan kepsek, menurutnya, Kepsek takutnya ada suara sumbang tentang pengadaan baju dan buku almamater.

“Pihak dewan guru pun tidak mengetahui adanya pengadaan baju dan buku almamater,” katanya.

Mengenai pengembalian dana OSIS dari rekening kepala sekolah ke rekening OSIS kembali, Eva menerangkan, dana OSIS itu setiap tahun diwakil kesiswaan sekolah untuk tahun ini belum selesai dihitung, karena itu belum dikirim ke rekening OSIS.

“Dananya pun dipergunakan untuk kegiatan perlombaan SMU N 1 Jambi ke luar daerah. Soal dana KerLiP pada bulan Oktober 2016 ada pengeluaran sebesar To. 12 juta digunakan untuk acara kegiatan perlombaan tingkat provinsi yang memberangkatkan siswa SMU N 1 Jambi,” tutur Eva.

Usai mendapatkan pengarahan, akhirnya pukul 09.15 WIB siswa SMU N 1 Jambi membubarkan diri dalam keadaan aman serta masuk ke ruang sekolah masing-masing.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here