Lima SMP di Muara Enim Terapkan Full Day School

Siswa SMP (ilustrasi). Kabarserasan.com

Muara Enim, Kabarserasan.com — Lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Muara Enim, tahun ini sudah melaksanakan program full day school. Kelima SMP itu yakni SMPN 1 Lawang Kidul, SMPN 2 Lawang Kidul, SMPN 1 Muara Enim, SMPN 1 Gelumbang dan SMP IT Rabanni Muara Enim.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Muzakar melalui Kabid SMP Rizal Alfian mengatakan, pelaksanaan program full day school ini tidak diwajibkan. Namun, program ini bisa diberlakukan oleh sekolah yang dinilai sudah mampu dan siap saja.

” Siap yang dimaksud, jika sekolah tersebut sudah ditopang oleh sarana dan prasarana yang memadai, SDM yang cukup dan juga keadaan serta situasi dalam menjalankan program full day school,” kata Rizal, Kamis (3/8/2017).

Selain itu, sekolah yang bisa melaksanakan program ini ada kriteria yang harus dimiliki, misalnya sarana dan prasarana yakni gedung sekolah yang cukup dan memadai, tenaga guru yang cukup dan keadaan serta situasi dekat sekolah. Seperti jika siswa pulang sore kendaraan ada, tidak menyusahkan siswa dan juga keamanan siswa pulang sekolah.

” Sekolah juga harus melakukan rapat dahulu dengan orang tua siswa. Apakah setuju atau tidak untuk melaksanakan program full day school,” jelasnya.

Rizal menegaskan,, program full day tersebut dilaksanakan tentu sesuai tujuan, bukan berarti dijadikan alasan sekolah untuk melakukan pungutan.

“ Program ini bagi sekolah yang mampu saja. Jika sekolah tidak mampu dan tidak disetujui dalam melaksanakan program ini tentu tidak diwajibkan,” imbuhnya.

Sementara untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), dari informasi yang didapat dari Kabid Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Sumsel, Arwan, di Kabupaten Muara Enim ada lima SMA yang tahun ini menerapkan full day school. Yakni SMAN 1 Unggulan Muara Enim, SMA Bukit Asam, SMK Negeri 1 Muara Enim, SMK Negeri 2 Muara Enim dan SMK Bukit Asam.

“Untuk jumlah sekolah yang menerapkan full day school di Sumsel yakni sebanyak 59 sekolah, diantaranya 24 SMA dan 35 SMK,” kata Arwan kepada Kabarserasan via WhatsApp, Jumat (4/8/2017).

Penulis: Anas
Editor: Amr

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here