Buron 4 Tahun, Terdakwa Kasus Perampokan Ditangkap di Pangkal Pinang

Dodi Rabu terdakwa pelaku curas. Kabarserasan.com/nas

Muara Enim, Kabarserasan.com — Setelah buron selama 4 tahun, terdakwa kasus curas Dodi Rabau (25) akhirnya di tangkap Polisi di Pangkal Pinang, Bangka.

Diketahui, Dody melarikan diri saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Muara Enim pada tahun 2013 silam.

Dia ditangkap oleh Polres Pangkal Pinang pada 27 Juli 2017 dini hari karena kasus pencabulan anak. Saat dilakukan pemeriksaan di Mapolres Pangkal Pinang, Dodi mengaku dia juga pernah melakukan tindakan curas di Kabupaten Muara Enim.

Mendengar pengakuan tersebut, Polres Pangkal Pinang lalu melakukan koordinasi dengan Polres Muara Enim. Setelah dilakukan pengecekan oleh Polres Muara Enim, benar Dodi telah didakwa atas tindak curas dengan vonis 18 tahun penjara. Setelah itu dilakukan penjemputan oleh anggota Polres Muara Enim terhadap terdakwa Dodi.

Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan, didampingi Kasubbag Humas AKP Arsyad AR mengatakan, pada tahun 2013, Dodi kabur dengan posisi tangan terborgol usai menjalani sidang di PN Muara Enim dengan agenda pembacaan pledoi atau pembelaan dari terdakwa.

“Karena hak-haknya sebagai terdakwa sudah terpenuhi, kata Leo, maka majelis hakim PN Muara Enim melanjutkan agenda sidang Pembacaan vonis terhadap terdakwa dengan in absensia. Majelis hakim memutus vonis kepada terdakwa lebih tinggi dari tuntutan JPU, dari 14 tahun menjadi 18 tahun penjara,” ujar Leo, Senin (31/7/2017) di Lapas Kelas IIB Muara Enim.

Dikatakan Leo, terdakwa Dodi telah diserahkan oleh Polres Muara Enim ke pihak Kejaksaan Negeri Muara Enim. “Selanjutnya terdakwa diserahkan Kejari Muara Enim ke Lapas Kelas IIB Muara Enim untuk menjalani proses hukuman,” tutupnya.

Sementara itu, terdakwa Dodi, saat diwawancarai Kabarserasan.com mengaku dirinya nekat kabur karena saat itu melihat ada kesempatan. “Ketika saya lihat ada borgol disamping supir mobil, saya ambil dan pasangkan ke supir dan setir mobil tersebut. Setelah itu saya kabur dengan menaiki mobil bus Lorena ke Jakarta,” pungkas Dodi.
Penulis: Anas
Editor: Amr

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here