PTBA Gelontorkan Dana Rp 3,5 Miliar untuk Program Bidiksida

Dirut PTBA Arvian Arifin, secara simbolis memberikan bantuan progam Bantuan Pendidikan Mahasiswa Bukit Asam (Bidiksiba) kepada 25 SMA sederajat di wilayah ring I PTBA.

Muara Enim, Kabarserasan.com –– Salah satu wujud komitmen perusahaan dalam menerapkan program strategis untuk pemberdayaan masyarakat, PT Bukit Asam (persero) Tbk (PTBA) memiliki program Bantuan Pendidikan Mahasiswa Bukit Asam (Bidiksiba).

Dirut PTBA Arvian Arifin mengatakan, Bidiksiba adalah langkah awal dalam peningkatan kapabilitas dan kompetensi masyarakat untuk terciptanya kondisi sosial masyarakat yang berwawasan dan sejahtera.

” Program beasiswa PT Bukit Asam (Persero) Tbk, kata Arvian, sudah dimulaui sejak tahun 2010 melalui program BUD IPB sebanyak lima orang mahasiswa untuk pendidikan S1 di IPB Bogor,” terang Arviyan usai acara Halal bi Halal di GOR PTBA Tanjungenim, Muara Enim, Kamis (20/7/2017).

Arviyan mengungkapkan, dari tahun 2013 program BUD diganti nama menjadi program “Bidiksiba” yaitu Program Beasiswa bagi mastermind prasejahtera lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

Sebelumnya, PTBA pada tahun 2011 juga punya program “Ayo Sekolah “, yaitu program bantuan beasiswa berkelanjutan bagi 1667 pelajar prasejahtera tingkat SD, SLTP dan SMA yang ditujukan untuk mendukung program bidang pendidikan wajib belajar 12 tahun, dengan nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp 3 miliar pertahun.

Total peserta program Bidiksiba sebanyak 142 orang yang terdiri dari 28 orang di Institut Pertanian Bogor, 19 orang di Unsri, 77 orang di Poltek Negeri Siriwijaya, 10 orang Poltek Negeri Malang, tiga orang di UIN Raden Patah, satu orang di Universitas PGRI Palembang dengan total bantuan Rp 3,5 miliar pertahun.

” Dari 142 orang peserta, yang sudah tamat sebanyak 33 orang. Dan mereka telah bekerja,” ungkapnya.

Program Bidiksiba tahun 2017, PTBA bekerjasama dengan Poltek Negeri Sriwijaya dan Poltek Negeri Malang sebanyak 25 siswa dari Kabupaten Lahat dan Muara Enim tahun 2017/2018 sampai 2019/2020, dengan total biaya Rp 2,8 milyar pertahun.

Baca Juga: PTBA Optimis Laba Bersih 2017 Capai Rp 2,4 Trilun

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here