Gubernur Jambi Zumi Zola: Wartawan IWO Harus Menjaga Kredibilitas

Gubernur Jambi bersama pengurus IWO Jambi. Kabarserasan.com/Azi

Jambi, Kabarserasan.com –– Gubernur Jambi Zumi Zola menilai perkembangan dunia informatika saat ini, terlebih di zaman era globalisasi, media online merupakan media yang terdepan dalam memberikan informasi.

“Masyarakat sekarang sudah menggunakan handphone untuk mengakses segala macam informasi melalui media online yang ada. Karena itu saya mengapresiasi terbentuknya ikatan wartawan online (IWO) di Provinsi Jambi,” ujarnya saat menggelar audensi dengan ketua dan pengurus IWO Provinsi Jambi di Rumah Dinas Gubernur Jambi, di kawasan Ancol, Pasar, Kota Jambi, Selasa (18/7/2017).

Namun demikian, Zola berharap para wartawan online harus tetap menjunjung kode etik jurnalistik dalam setiap membuat pemberitaan terutama menyangkut pembangunan di Provinsi Jambi.

Tidak dipungkirinya, pemberitaan dari media online sangat membantu sekali. “Karena itu, saya mendukung dengan adanya wadah wartawan di IWO Jambi ini. Pemerintah Provinsi Jambi siap bekerjasama,” tukas Zola.

Selain itu, Zola juga menilai tantangan besar kedepan bagi IWO Jambi, yakni bisa menaungi para jurnalis online di Jambi dan menjaga kredibilitasnya.

“Wartawan online dalam membuat tulisan haruslah mengedepankan pemberitaan-pemberitaan yang benar sesuai dengan fakta yang ada. Pasalnya saat ini menjamur berita-berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Disamping itu, Gubernur juga berpesan kepada seluruh pengurus IWO agar tidak membuat berita yang tendensius menyangkut pemilihan kepala daerah.

“Saat ini kondisi Jambi tengah menghadapi ajang pilkada, tentunya dapat memberitakan yang objektif dan berimbang. Kredibilitas itu dibangun dengan susah payah. Rusaknya mudah. Seratus tahun membangunnya, dapat rusak dalam satu malam saja. Itu kata ayah saya,” tuturnya.

Pesan Gubernur lainnya, agar IWO bisa menindak tegas bagi media yang dalam pemberitaannya tidak sesuai dengan kode etik.

“IWO harus bisa menindak tegas media, terutama online yang melakukan pemberitaan tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik,” tegas Zola.

Menanggapi hal itu, Ketua IWO Provinsi Jambi Nurul Fahmy mengatakan, dalam tubuh organisasi IWO selain memiliki anggota pengurus harian juga memiliki dewan etik yang bertugas melakukan penyidangan para anggota yang menyalahi kode etik.

Selain itu, urainya, IWO juga siap menampung setiap laporan dari masyarakat yang komplain terhadap berita yang dibuat oleh wartawan media online.

“Sebelum disampaikan ke Dewan Pers, tentunya bisa diselesaikan terlebih dahulu secara internal IWO. Kalau tidak bisa diselesaikan secara internal barulah kita serahkan ke Dewan Pers,” tegas Fahmy.

Audensi yang berlangsung ramah dan diiringi senyum sumringah Zumi Zola dan Ketua IWO Provinsi Jambi Nurul Fahmy, juga dihadiri Sekretaris IWO Erwin Majam, Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Ramadhani, serta beberapa orang pengurus harian lainnya.

Rencananya pelantikan pengurus IWO Jambi akan diadakan pada awal bulan Agustus mendatang disebuah hotel ternama di Kota Jambi.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here