Cegah Karhutlah, Pemkab Muba Bentuk Satgas Hingga ke Tingkat Desa

Bupati Muba H Dodi Reza Alex pimpin Rapat Koordinasi Pencegahan Karhutlah di Ruang Rapat Serasan Sekate, Rabu(21/06/2017). Foto: Kabarserasan.com/Herman

Musi Banyuasin,Kabarserasan.com – Untuk mencegah kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Pemkab terus melakukan berbagai upaya.

Diantaranya, melakukan sosialisasi, membentuk Desa Peduli Api, Kelompok Tani Peduli Api, membangun Posko Pemantauan dan Pengendalian di Wilayah yang rawan api dimana setiap posko akan disiagakan personil gabungan.

” Kita fokus dalam pencegahan karhutlah sehingga membentuk tim sampai ke tingkat desa. Apalagi pada tahun 2018 mendatang kita akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Asian Games, tentu saja kita tidak ingin acara tersebut terggangu oleh kabut asap yang diakibatkan oleh karhutlah,” kata Bupati Muba H Dodi Reza Alex dalam Rapat Koordinasi Pencegahan Karhutlah di Ruang Rapat Serasan Sekate, Rabu(21/06/2017).

Lanjut Dodi, terlepas dari persiapan kita menyambut Asian Games 2018, pencegahan karhutlah di Muba ditujukan lebih kepada untuk merubah pola hidup masyarakat terutama dalam menjaga lingkungan hidup, dengan tidak membuka lahan dengan membakar.

Menurut Dodi, pencegahan adalah upaya yang paling efektif dan tepat. Namun untuk itu, diperlukan kesadaran masyarakat Kabupaten Muba dan perusahaan yang beroperasi diwilayah tersebut.

” Yang tak kalah penting adalah peran para camat dan kepala desa dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya mencegah karhutla dan besarnya kerugian yang akan dirasakan apabila telah terjadi karhutlah,” jelas Dodi.

Dodi menegaskan, yang paling utama ialah bagaimana bisa mencegah kebakaran secara tepat. ” Jika sudah terjadi kebakaran akan sulit untuk dipadamkan. Salah satu upaya kita dalam mencegah itu ialah dengan segera membentuk satuan tugas karhutlah mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke tingkat desa, serta mengaktifkan kembali posko-posko pantauan yang telah dibangun,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD MUBA Abusari, SH, MSi menegaskan, dia sudah menginstruksikan kepada jajarannya dan semua pihak terkait untuk menginventarisir kembali mengenai kelengkapan sarana dan prasarana hingga sumber daya manusia yang ada.

Kemudian, lanjutnya, dilakukan peningkatan ataupun penambahan jumlah guna menunjang operasi dan mobilisasi penanggulangan karhutlah di wilayah titik rawan api.

Abusari juga secara khusus mengajak seluruh perusahaan yang ada di Muba untuk ikut berperan aktif, baik dalam dukungan dana ataupun personel.

“Silahkan Dinas Perkebunan koordinir perusahaan-perusahaan tersebut, buatkan juga laporan audit kepatuhan. Disitu kita bisa melihat mana yang benar-benar aktif mendukung atau sebaliknya,” tutupnya.

Hadir dalam rapat tersebut,Bupati Muba H. Dodi Reza Alex,Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Ketua DPRD Muba Abusari,SH,MSi, Kajari Muba, Wakapolres Muba, Kasdim 0401 Muba, Plt Sekda, Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Perwakilan Perusahaan,Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, dan Para undangan lainnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here