Razia Peti, Petugas Gagal Tangkap Pelaku

Lokasi Peti yang digerebek petugas. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Merangin, Kabarserasan.com — Polsek Tabir dan Polres Merangin kembali melakukan operasi penambang emas tanpa izin (peti) jenis dompeng di Desa Tambang Baru, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Jambi, Rabu (17/5/2017).

Operasi penertiban peti tersebut langsung dipimpin oleh Kapolsek Tabir AKP Adri Karwono beserta anggota polsek, dan didampingi Kasat Intelkam Polres Merangin AKP Asrul Sani.

Sebelum menggelar razia, petugas sering mendapatkan informasi dari masyarakat adanya aktivitas pelaku peti yang sudah mengkhawatirkan di wilayahnya.

Petugas pun langsung meresponnya. Usai membuat tim sapu peti, petugas langsung terjun ke lokasi yang dimaksud masyarakat.

Namun sayang, puluhan pelaku peti yang mengetahui kedatangan petugas langsung melarikan diri. “Para pelaku kabur melarikan diri masing-masing menghindari tertangkap petugas,” ungkap Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto melalui Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi, Rabu (16/5/2017).

Meski belum bisa meringkus tersangka peti, namun petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang berada di lokasi.

Diantara barang bukti tersebut, seperti tiga unit sepeda motor yang di temukan di lokasi, tiga unit mesin sedot air peti dan dua mesin dompeng serta tiga buah asbuk (tempat menyaring air dompeng).

“Sejumlah barang bukti yang yang tidak dapat diangkut kemudian dihancurkan petugas di lokasi. Tapi sebagian barang bukti dibawa langsung Polres Merangin guna proses penyelidikan lebih lanjut,” kata Tresnadi.

Menurutnya, lokasi peti tersebut berada di kebun sawit disinyalir milik warga bernama Tipah (45), Kelurahan Rantau Panjang, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin.

Sementara itu, dari keterangan Kepala Desa setempat Kupon Harahap, dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh polres setempat.

“Aktifitas mereka diperkirakan masih baru dan baru berjalan sekitar satu minggu ini,” katanya.

Berita Terkait: Razia Peti, 14 Dompeng Dibakar Petugas

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here