Muzakir Ingatkan Pentingnya Sistem Kearsipan yang Baik

Kadin Perpustaakaan dan Kearsipan Muara Enim menyematkan tanda peserta pada kegiatan penyuluhan kearsipan di Hotel Griya Serasan Sekundang. Foto: Kabarserasan.com/Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com – Kearsipan merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam rangka penyelamatan barang bukti yang nyata, benar dan lengkap mengenai kehidupan sejarah kebangsaan baik dimasa lampau maupun masa yang akan datang.

Hal ini disampaikan Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar yang dibacakan Kadin Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim Mariyana saat membuka acara penyuluhan kearsipan di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Swasta dalam Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Serasan Sekundang Kota Muara Enim, Senin (15/05/2017).

Bupati menegaskan, arsip harus dipelihara dan dilestarikan sebagai arsip sejarah pembangunan bangsa, terutama di Pemkab Muara Enim.

” Saya minta, seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya. Perhatikan dengan cermat setiap materi yang disampaikan, karena kita menyadari kearsipan kita belum dikelola dengan optimal,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, kesulitan mencari arsip yang diperlukan seperti dokumen penting dalam kaitannya dengan sejarah terbentuknya Kabupaten Muara Enim, berbagi produk hukum masih sering terjadi.

Karena itu, kegiatan ini sangat penting dilakukan. ” Seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius agar dapat memahami dan mendalami materi kearsipan yang diberikan, sekaligus dapat mengimplementasikannya di lingkungan pemkab Muara Enim,” tegasnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari (15-18 Mei 2017) dan ikuti oleh 80 orang peserta yang terbagi dalam dia sesi. Setiap sesi dikuti 40 peserta.

Adapun narasumber kegiatan ini adalah, Direktur PPSDM Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M Sumitro, dari Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Ibrahim Senen dan Holidan serta Kepada BKD Muara Enim Siti Herawati.

Baca Juga: Kadin Perpustakaan dan Kearsipan Ajak Masyarakat Kunjungi Perpustakaan
Baca juga: Perpusda Muara Enim Terima Hibah Mobil Perpustakaan Keliling

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here