Ratusan Rumah Terendam Banjir, Aktivitas Warga Lumpuh Total

Kondisi banjir di Desa Sungai Limau, Kecamatan Tabir Timur Kab Merangin Jambi. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Merangin, Kabarserasan.com — Ratusan rumah di Kabupaten Merangin Jambi, tepatnya di Desa Sungai Limau, Kecamatan Tabir Timur hingga saat ini masih terendam banjir.

Di desa ini hampir semua rumah terendam air, bahkan aktivitas warga menjadi lumpuh karena semua jalan tergenang banjir hingga setinggi pinggang orang dewasa.

“Sudah tiga hari kami terkena banjir. Jika kami mengungsi takut hewan dan harta kami hilang. Terpaksa kami membuat panggung di dalam rumah, sambil memakan apa yang ada di rumah,” ujar Nasrudin warga setempat yang enggan mengungsi dari rumahnya,Minggu (14/5/2017).

Diakuinya, hingga saat ini memang belum ada bantuan dari pemerintah. “Hingga saat ini belum ada satu pun bantuan datang dari pemerintah, baik itu makanan mau pun obat-obatan,” tandasnya.

Akibat dari banjir yang masih merendam pemukiman warga, ada sekitar 500 KK atau sekitar 500 kepala keluarga warga Desa Sungai Limau, Kecamatan Tabir Timur saat ini terisolir karena banjir.

Di samping itu, banyak akses jalan menuju desa tersebut terendam banjir. Bahkan semua fasilitas umum seperti poskesdes, masjid juga terendam banjir.

Bagi yang memiliki kendaraan bermotor, terpaksa kendaraannya harus didorong lantaran tingginya air dari luapan banjir akibat hujan deras.

Mirisnya lagi, sekolah dasar satu-satunya di desa tersebut sudah tiga hari ini diliburkan karena masih tergenang banjir.

Iptu Yusuf Wakapolsek Tabir saat ditemui dilokasi banjir mengungkapkan, jika saat ini warga setempat masih bertahan hingga menunggu bantuan turun.

“Ya, akses menuju desa ini tidak bisa dilalui. Tidak bisa semua kendaraan melintas menuju desa karena jalan tergenang hingga seukuran pinggang orang dewasa,” jelasnya.

Dia juga menyayangkan, belum ada bantuan dari pemerintah setempat. “Kita sudah laporkan baik itu ke pemerintah atau instansi terkait, sehingga kami berharap adanya bantuan yang bisa meringankan beban warga disini,” pungkasnya Yusuf.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here