Muzakir Ajak Wartawan Perangi Berita Hoax

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dalam acara dialog dan audiensi bersama Ketua Dewan Pers serta wartawan se Kabupaten Muara Enim di Ball Room Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Jumat (12/05/2017). Foto: Kabarserasan.com/Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com – Peran media massa atau pers dalam kehidupan sosial, terutama masyarakat modern telah memainkan peran yang begitu penting. Media menjadi sumber utama bagi masyarakat untuk mencari informasi maupun hiburan.

Hal ini sampaikan Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dalam acara dialog dan audiensi bersama Ketua Dewan Pers serta wartawan se Kabupaten Muara Enim di Ball Room Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Jumat (12/05/2017).

Muzakir mengatakan, informasi merupakan bagian penting bagi penyelenggara pemerintahan. ” Informasi tentang penyelenggaraan pembangunan dapat tersampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan melalui berita-berita yang disajikan dalam berbagai kemasan berita, baik cetak maupun elektronik,” kata Muzakir.

Menurut Muzakir, saat ini berita tidak hanya bisa diikuti dari media mainstream saja, media sosial juga menjadi sarana untuk mendapatkan informasi.

” Setiap hari kita dibanjiri berita melalui media sosial. Berita-berita tersebut ada yang objektif, aktual, kritik yang membangun, namun ada juga berita-berita bohong atau Hoax,” jelasnya.

Terkait berita hoax ini Muzakir sangat menyayangkan, karena bisa membuat kegaduhan di masyarakat. ” Berita hoax tentu sangat disayangkan, tak hanya membuat kegaduhan tetapi juga berpotensi untuk menimbulkan perpecahan dan gangguan keamanan,” tegasnya.

Dalam kondisi seperti ini, lanjutnya, peran media mainstream sangat dibutuhkan untuk menjadi rujukan bagi masyarakat untuk mencocokkan pemberitaan dari media sosial.

” Disinilah peran rekan-rekan pers untuk meluruskan segala bentuk pemberitaan yang dianggap keliru dan menjernihkan informasi yang terjadi di media sosial. Jangan justru ikut dalam kegaduhan dengan mengambil isu-isu yang belum tentu kebenarannya sebagai sumber berita,” tandasnya.

Dia mengingatkan, agar awak media untuk terus menjunjung tinggi etika jurnalistik yang menuntut faktualitas yang menuntut objektifitas yang menuntut disiplin dalam melakukan verifikasi terhadap suatu berita.

” Jika media membuat informasi yang salah, maka akan memunculkan gambaran yang salah pula dari pembaca. Media dituntut menyampaikan infromasi secara akurat berimbang dan berkualitas. Kualitas informasi inilah yang merupakan tuntunan moral dalam penyajian berita,” terangnya.

Muzakir berharap, insan pers khususnya yang bertugas di Muara Enim untuk terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas serta menghindari berita hoax .

” Dengan itu, insan pers dapat turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menopang pelaksanaan pembangunan di daerah,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here