Zola Perintahkan Bongkar Bangunan Penyebab Banjir

Gubernur Jambi Zumi Zola sidak di Lokasi banjir di perumahan warga. Foto; Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com – Banjir yang terjadi beberapa waktu lalu yang merendam puluhan rumah di kawasan Payolebar dan Lebak Bandung mendapat perhatian dari Gubernur Jambi Zumi Zola.

Bukan hanya melihat korban banjir saja, namun dalam tinjauannya tersebut, Zola melihat langsung aliran sungai yang menjadi penyebab utama terjadinya banjir.

“Sungai ini terjadi pendangkalan. Banyak terdapat sampah rumah tangga, pasir dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, penyebab utamanya adanya penyempitan-penyempitan atau penghalang pada titik-titik penyerapan air karena ada bangunan diatasnya.

“Karena itu saya perintahkan Kadis PU Provinsi dan Kota untuk membongkar bangunan diatasnya yang menyebabkan penyumbatan air, sehingga terjadi banjir,” tegas Zola.

Atas kejadian banjir ini, kepada sejumlah warga dan forum RT setempat, Gubernur tidak menginginkan kejadian serupa terjadi lagi di masa mendatang.

“Yang kita bisa lakukan saat ini, melakukan pengerukan sampah dan pasir di sungai agar tidak ada lagi terjadi penyumbatan lagi,” tuturnya.

Zola meminta kepada warga setempat dan forum RT memantau agar ketika hujan deras, tidak ada lagi terjadi banjir lagi.

“Saya meminta kepada warga agar tidak membuang sampah rumah tangga dan lainnya di sungai. Jaga kebersihannya, agar tidak terjadi banjir dikemudian hari,” harap Zola.

Adi Ketua RT 19, mengaku sebelumnya kawasannya tidak pernah terjadi banjir separah ini hingga sekitar lebih 30 rumah warga terendam banjir.

Menurutnya, ketinggian air tidak saja setinggi 50 cm, tapi ada yang mencapai 1 meter tingginya.

“Dalam bulan April ini saja sudah tiga kali kebanjiran. Salah satu penyebabnya, yakni adanya bangunan rumah warga berdiri diatas sungai. Saya dan warga sudah memperingatkan dan melaporkan ke lurah dan camat, tapi belum ada tindakan,” ungkapnya.

Adi berharap dengan kedatangan Gubernur Jambi Zumi Zola, persoalan banjir ini bisa diatasi oleh petugasnya, sehingga warganya tidak kebanjiran lagi.

Baca Juga: Zola Minta Pemuda Jambi Jaga Nama Baik Bangsa dan Daerah

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here