Muzakir Sai Sohar: Kebiasaan Membaca Harus Dimulai Sejak Dini

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar memberikan hadiah bagi pemenang Lomba Mendongeng. Foto: Kabarserasan.com/amri

Muara Enim, Kabarserasan.com – Untuk mengembangkan budaya baca dikalangan generasi muda diperlukan strategi dan upaya tepat serta berkesinambungan.

Hal ini disampaikan Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar saat menutup kegiatan Lomba Pidato dan Mendongeng, pidato tingkat SD, SMP dan SMA serta dan Lomba Perpustakaan Terbaik Tingkat SMP di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Jum’at (31/03/2017).

Muzakir menjelaskan, undang-undang nomor 20 tahun 2003 menyebutkan, tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi anak bangsa agar terwujud sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif dalam era globalisasi.

” Penyelenggaraan pendidikan harus memenuhi beberapa prinsip, antara lain sebagai suatu proses pemberdayaan serta pengembangan minat baca. Salah satunya melalui kegiatan lomba pidato dan lomba mendongen ini,” kata Muzakir.

Menurut Muzakir, prinsip tersebut harus saling menunjang. Artinya proses pemberdayaan peserta didik sepanjang hayat harus diisi dengan kegiatan pengembangan budaya baca.

” Kebiasaan membaca harus dimulai sejak dini,” ujarnya.

Muzakir berharap kegiatan ini meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam bidang pidato, mendongeng dan pemberdayaan perpustakaan.

” Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan diimplementasikan di sekolah masing-masing,” tutupnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here