Wabup Nurul Aman: BUMDesa Tingkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH. Foto: Kabarserasan.com/Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com – Pemerintah Kabupaten Muara Enim mendorong pengembangan BUMDesa dengan mengadakan pelatihan keterampilan.

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH mengatakan dengan pelatihan dan keterampilan ini diharapkan desa mampu menggali potensi yang ada guna mendorong pendirian BUMDesa yang profesional dan mandiri.

Nurul Aman menjelaskan, keseriusan Pemkab Muara Enim dalam pengembangan BUMDes ini tertuang dalam Peraturan Daerah nomor 7 tahun 2016 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

” BUMDesa merupakan bentuk konsolidasi atau penguatan terhadap lembaga – lembaga ekonomi desa dan merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam potensi yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa,” kata Nurul Aman saat membuka pelatihan keterampilan manajemen BUMDesa di Aula RSUD HM Rabain Muara Enim, Selasa (21/3/2017).

” BUMDesa harus berpihak ke masyarakat dengan memberikan penyediaan pelayanan sosial, dan BUMDesa pula bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya lokal ke pasar,” ujar Wabup.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muara Enim, Drs. Emran Thabrani menambahkan, melalui pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi manajerial pengurus BUMDesa, menggali potensi desa, dan mendorong desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa.

” Dalam pelatihan yang berlangsung satu hari ini kita mengundang peserta perwakilan 1 desa setiap kecamatan berjumlah 20 orang,” terangnya.

Adapun narasumber kegiatan, yaitu pelaku BUMDesa Klaten Jawa Tengah, Tenaga Ahli PMD, Dinas PMD, Pimpinan BNI 46 Prabumulih, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,dan Transmigrasi.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here