Edit Foto Korban Jadi Bugil, Napi Lakukan Pemerasan

Napi yang diciduk karena kasus pemerasan/Foto: ano

Tulangbawang, kabarserasan.com—Banyak cara dilakukan orang untuk melakukan pemerasan, salah satunya memanfaatkan jejaring sosial Facebook yang lagi marak di masyarakat.Tapi yang terjadi di Kota Mengala Kabupaten Tulang Bawang, Lampung  bikin polisi geleng kepala, nyaris tak percaya.

Berbekal pengetahuan teknologi gadget, kedua pelaku mengambil foto di media sosial Facebook, lalu mengeditnya menjadi foto bugil, lalu, mengaku sebagai polisi, keduanya mengancam akan menyebarluaskan foto editan tersebut, jika korban tak mau menyerahkan uang sejumlah yang mereka minta.

Tim khusus Anti Bandit 308 Polres Tulang Bawang yang mengusut kasus ini, kaget ketika mengetahui, kedua pelaku—atas nama Iwan Codet (37) dan Muhlisin (35) ternyata narapidana yang masih menjalani hukuman di dalam Lembaga Pemasyarakatan Menggala. Polisi kemudian menjemput keduanya di Lapas, untuk menjalani pemeriksaan di Polres Tulang Bawang.

“Mereka sudah berhasil memeras uang hingga 13 juta rupiah dari korbannya. Modus mereka, dengan cara berkawan dulu di Facebook, lalu saling tukar foto. Nah, foto korban itu lalu diedit, dijadikan alat untu emmeras,” kata Kepala Tekab 308 Polres Tulang Bawang, Bripka Muhajirin menjelaskan.

Menurut Muhajirin, kedua pelaku menjalankan aksi pemerasan via jejaring sosial ini dengan menggunakan fasilitas telepon genggam berbasis internet. Kasus ini terbongkar, ketika korban, seorang wanita berinisial LR, warga Desa Tirto Mulyo Kecamatan Banjar Baru, Tulang Bawang melaporkan apa yang ia alami.

Kini kedua pelaku, Iwan Codet yang napi kasus perampokan dan Muhlisin kasus narkoba, dalam pemeriksaan dengan tuduhan melakukan penipuan dan pemerasan. Jika terbukti bersalah, keduanya akan lebih lama lagi mendekam di penjara. (ano)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here