45 Ibu Hamil di Kota Jambi Diwisuda

Ibu-ibu hamil yang diwisuda di Puskesmas Pall 10

Jambi, Kabarserasan.com – Ada-ada saja kegiatan Puskesmas Pall 10, Kota Baru, Kota Jambi ini, puluhan ibu hamil mendapatkan wisuda dari Kepala Puskesmas Pall 10 sebagai tanda masa kehamilan.

Menurut Kepala Puskesmas Pall 10 drg Gufrinaldi, konsep kegiatan tersebut pada dasarnya adalah untuk memberikan edukasi yang tepat kepada para ibu hamil yang sedang menjalani masa kehamilan hingga pada akhirnya melahirkan dengan selamat dan paripurna saat bayi mencapai usia balita, tumbuh kembang secara sehat dan sempurna.

Kegiatan unik yang bertajuk “Wisuda Ibu Hamil dan Kelas Balita”, merupakan bentuk inovasi dan rasa keprihatinan Gufrinaldi karena masih banyaknya pemahaman keliru tentang proses kehamilan yang berkembang ditengah masyarakat.

“Saat ini masih banyak kita dengar dan saksikan, ditengah masyarakat kalau kita bicara soal ibu hamil masih saja ada hal yang tabu, pantangan dan sebagainya.

Hal tersebut kadangkala secara medis keliru, bahkan dapat merugikan kesehatan ibu hamil tersebut. “Selain itu kami juga ingin menekan angka kematian ibu dan bayi pada proses kelahiran, melalui sarana pendidikan edukatif dan aplikatif seperti ini,” jelas Gufrinaldi.

Katanya, ibu-ibu hamil tersebut pada hari Jumat setiap minggunya mengikuti kelas ibu hamil. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pemeriksaan kesehatan kehamilan, senam hamil, edukasi gizi dan sosialisasi mengenai perawatan kesehatan selama kehamilan hingga menunggu proses kelahiran.

Sementara khusus untuk balita, program ini diikuti oleh balita yang telah dilahirkan oleh ibu yang mengikuti kelas ibu hamil, maupun balita lainnya.

“Adapun kelas balita, program yang dilaksanakan adalah pemeriksaan kesehatan, imunisasi, edukasi gizi, pemeriksaan tumbuh kembang, hingga pengajaran balita mandiri, seperti sikat gigi mandiri dan menjaga kesehatan pribadi,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut tercatat ada 115 peserta yang diwisuda, terdiri dari 45 orang ibu hamil dan 70 orang balita. Pada acara tersebut, para ibu hamil dan balita yang telah mengikuti kelas edukasi tersebut, diberi tanda penghargaan oleh Kepala Puskesmas Paal 10 dan Camat Kotabaru Feriyadi, atas nama Wali Kota Jambi.

Ditempat terpisah, Wali Kota Jambi Syarif Fasha sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, sebagai inovasi yang diciptakan oleh Puskesmas Pall10.

“Saya patut mengapresiasi inovasi ini, karena kegiatan ini sangat bernilai positif bagi perkembangan kualitas kesehatan masyarakat Kota Jambi. Saya juga menghimbau kepada seluruh kepala puskesmas yang ada di Kota Jambi untuk dapat menelurkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Fasha.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jambi melahirkan inovasi layanan kesehatan dirumah (Home Care), kini Kepala Puskesmas dalam Kota Jambi pun turut berlomba melahirkan berbagai inovasi. (azi/amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here