Berniat Bikin Vlog di Youtube? Begini Cara Mudahnya

Vlog, media komunikasi yang kini banyak digandrungi pengguna gadget

Kabarserasan.com–Ada yang merasa belum tahu tentang Vlog atau video blog. Pada era sekarang Vlog ini merupakan salah satu media yang sangat diminati oleh para netizen. Sebab dengan video blog ini banyak orang yang terasa terhibur.

Sedangkan bagi para pembuatnya,  merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan untuk berbagi pengalaman kepada orang lain. Biasanya para pembuat vlog ini menggunakan Kamera GoPro ataupun bahkan kamera handphone.

Terkadang ada beberapa orang yang setelah membuat video Vlog tersebut di dalam handphone ataupun kamera digital mereka merasa kurang puas. Hal ini disebab dalam pembuatannya dilakukan dengan bergerak sehingga dibutuhkan alat untuk mengedit ataupun memotongnya.

Kebanyakan orang software yang digunakan memiliki kapasitas yang besar sehingga laptop ataupun puisi kita pun akan terpenuhi dengan kapasitas software tersebut.

Apa itu Vlog?

Vlog singkatan dari Video Blog atau bisa juga diartikan sebagai Blog dalam bentuk Video . Vlog biasanya merekam kegiatan seseorang atau berisi pembahasan topik tertentu . Vlog saat ini lebih idientik dengan youtube , travel vloger dan motovlog adalah 2 topik yang paling popular dan sering digunakan oleh youtuber dalam membuat sebuah video blog .

Jadi jika sebuah posting blog biasanya menjelaskan dan membahas topik tertentu melalui rangkaian tulisan , gambar dan file multimedia lain , sedangkan sebuah vlog menjelaskan atau membahas topik tertentu melalui rekaman percakapan dan video ditambah file multimedia pendukung lain seperti musik dan gambar .

Cara Membuat Vlog di Youetube

Membuat Vlog di Youtube, saat ini bukan hal yang aneh lagi di Indonesia. Banyak youtuber Indonesia yang sengaja secara rutin membuat dan mengupload Vlognya ke Youtube . Tidak jarang video Vlog dari para Youtuber Indonesia ini masuk kedalam trending Video ditemani video popular lainnya. Lalu bagaimana cara membuat Vlog? Berikut Kabarserasan.com memberi lima tutorial atau petunjuknya, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Langkah pertama

Buat dulu Akun Youtube dan Channel Youtubenya.  Modal awal untuk jadi youtuber ya membuat akun dan sebuah channel dengan nama unik dan menarik di Youtube.

Langkah kedua

Mulai lakukan persiapan membuat Vlog.  Gunakan kamera yang bagus untuk merekam sebuah Vlog , minimal kamera dengan resolusi video 720p , tapi kalau bisa gunakan kamera 1080p agar kualitas vlog semakin maksimal .

Ada yang bilang untuk membuat Vlog kita butuh kamera sekelas DSLR , tapi sebenarnya dengan kamera murah dan pencahayaan yang baik , Vlog akan tetap terlihat professional dan nyaman untuk ditonton .

Perhatikan juga kualitas Audio dari vlog kalian , jika built in microphone yang ada pada kamera tidak menghasilkan suara yang maksimal , kalian bisa menggunakan microphone eksternal yang harganya tidak terlalu mahal . Microphone yang ada pada Smartphone juga bisa kalian gunakan jika hasilnya lebih jernih dibanding audio yang dihasilkan oleh kamera .

Vlog tentang apa yang harus saya buat? Jawabannya tergantung dari apa yang ingin kalian capai . Jika kalian hanya ingin sekedar upload vlog ke youtube , silahkan upload video kehidupan sehari-hari kalian dari bangun tidur sampe tidur lagi , tapi dijamin video kalian gak bakalan populer , paling yang nonton cuma 2 atau 3 orang hehe .

Jika kalian ingin vlog kalian populer dan ditonton banyak orang , upload lah vlog dengan menggunakan topik video youtube yang disukai oleh masyarakat. Misalnya, traveling, wisata, komedi, kuliner, musik, olahraga, teknologi, atau tutorial produk tertentu.

Silakan buat Vlog dengan topik yang kamu ciptakan sendiri , tapi ingat ! Jangan pernah meniru Vlog youtuber yang sudah terkenal. Para youtuber terkenal memang kerap mengupload Vlog dengan topik yang gak penting tapi banyak penontonnya.

Hal ini dikarenakan para penonton tidak memikirkan topik dari vlognya namun siapa yang membuat vlognya. Jika kalian sudah punya kamera yang bagus , topik yang ingin diangkat dan perlengkapan pendukung lainnya , maka lanjut ke langkah berikutnya .

Langkah ketiga

Buat Vlog Pertamamu. Jangan banyak basa-basi. Misalnya jika kalian ingin membuat travel vlog , sebagai channel youtube baru , jangan melakukan basa-basi yang terlalu lama , karena akan meningkatkan bounce rate video kita .

Hindari intro atau perkenalan yang terlalu lama , contohnya , “Selamat datang di channel Ngevlog , channel ini adalah channel yang khusus mengupload vlog berkualitas tinggi tentang apa saja yang bisa di rekam , kali ini gw mau ke Semendo dan nyari keindahan alamnya yang tersembunyi , ….. sambil teriak halo warga Muara Enim apa kabarnyaaaaa ? jangan lupa subscribe , like share , tonton video lainnya dan kunjungi website kita supaya gw bisa kaya dan banyak duit”

Sebenarnya , kita bisa membuat judul video menggunakan kalimat efektif sehingga orang akan tahu apa isi dari vlog tersebut tanpa harus dijelaskan secara bertele-tele . Pada awal video langsung saja buka dengan singkat “Hai aku Indah , hari ini gw mau jalan-jalan ke Semendo dan meng-eksplor keindahan alamnya ”.  Ambil video sebanyak mungkin.

Biasanya para youtuber menyebutnya footage , nah kalau kita ngerekam video banyak maka kita bakalan punya bahan yang banyak untuk dibawa pulang dan kita edit . Setiap merekam video kita pasti akan melakukan kesalahan atau kita merasa rekaman kita kurang  pas , kurang keren .

Semakin banyak footage yang kita punya , maka semakin leluasa kita dalam mengedit video mentah dari kamera menjadi sebuah Vlog yang siap diupload ke youtube .

Edit Vlog agar lebih sempurna. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya , kita terkadang mendapatkan hasil rekaman yang kurang sempurna . Lakukan edit ringan seperti koreksi warna dan cahaya , Reduce camera shake , penambahan watermark dan intro jika dirasa perlu untuk branding . Ngeditnya pake software apa ? Kalian bisa menggunakan beberapa software edit video seperti adobe photoshop dan aftereffect .

Langkah keempat

Materi Vlog yang sudah dibuat, kini saatnya persiapan untuk di-upload. Jika kalian sudah memiliki Vlog yang siap untuk diupload ke youtube , lakukan segera pengunggahan dengan optimasi khusus agar video kalian cepat populer .

Beberapa optimasi yang bisa kalian lakukan dengan mudah antara lain :
• Berikan judul vlog yang menarik dan berkaitan dengan trending topic
• Tulis deskripsi vlog yang jelas dan panjang
• Promosikan vlog lewat social media
• Share vlog lewat forum kaskus , dan situs yang memperbolehkan kita untuk share video .
• Baca Cara Optimasi SEO Video Youtube Lengkap Disini

Langkah kelima

Yang Harus Dilakukan Agar Channel Bisa Berkembang. Banyak yang mengeluh setelah membaca artikel – artikel tips dan trik menjadi youtuber disini karena katanya mereka sudah membuat channel youtube dan mengupload video tapi tidak terkenal . Ternyata mereka ini suka yang instan hehe .

Baru upload video 1 lalu mengeluh karena subscriber dan pendapatan tidak kunjung meningkat , sebagai gambaran youtuber akan mulai sukses dan dikenal itu rata-rata saat sudah aktif di Youtube setidaknya selama 6 Bulan dengan 1 video baru dan original setiap 2 minggu .

Lalu bagaimana caranya agar channel bisa populer lebih cepat ? Cara agar channel youtube cepat populer yang bisa kalian lakukan itu hanya 2 !
1. Upload video unik (bukan reupload video orang lain dan yang pertama) dengan membahas topik yang sedang banyak dicari oleh orang banyak.
2. Upload video berkualitas setiap hari dan lakukan optimasi dengan maksimal

Kedua cara di atas terbukti hasilnya sangat memmuaskan. Contohnya saat peristiwa banjir besar di sejumlah daerah di Sumatera Selatan, atau gempa di Aceh, dapat dijadikan materi yang diupload secara rutin dan akan banyak view video yang hadir. Atau peristiwa menarik lain, yang tidak banyak diketahui orang lain. Video dengan tema ini umumnya sangat banyak diminati. Nah, silakan mencoba. (Jun)

Baca Juga:
Cara Mudah Merawat Gadget Kamu, Tak Harus ke Tempat Service
Tips Menyikapi Gadget Kamu Lemot
Ini Cara Memblokir Email Kamu Jika Kerap Dimasuki Spam

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here