Debat Kandidat Bupati Mesuji Dijaga Ketat Polisi dan TNI

Mesuji, Kabarserasan.com—Ratusan personel anggota Polres Mesuji dan 20 prajurit TNI dari Kodim 0426 Tulangbawang, KPU Mesuji, Lampung, Selasa (27/12/2016) menggelar acara debat kandidat calon bupai dan wakil bupati, di ruang aula Pemerintah Kabupaten Mesuji.

Menurut Kabag Ops Polres Mesuji AKP Alidori, pengerahan kekuatan personel untuk pengamanan debat kandidat itu, atas perintah Kapolda Lampung. “Brimob bersenjata lengkap dan anggota Polres membawa tameng. Semua sesuai instruksi Bapak Kapolda,” kata Alidori.

Selain Ketua KPUD Mesuji Saipul Anwar, hadir dalam acara ini, Ketua KPU Provinsi Lampung, Nanang Trenggono. Kapolres Mesuji, AKBP Puji Sutan, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0426 Tuba, Kapten Agus, serta Panwaslu Mesuji, Lampung. Sementara Pemerintah daerah diwakili Sekda Mesuji, Rizal Fauzi didampingi Inspektur, Supratomo dan Kepala Kesbangpol, Sumaryo.

Debat kandidat menghadirkan dua pasang calon, yakni pasangan nomor urut satu Febrina Lesisie Tantina-Adam Ishak dan Khamami-H.Sapli TH. Maoderator debat, Budiono dari Universitas Lampung dan DR Erina Pane dari IAIN Raden Intan, Bandar Lampung.

Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono mengatakan, debat kandidat merupakan tahapan penting dari rangkaian tahapan Plkada, dan dilalui 101 daerah yang tahun 2017 melaksanakan pemilihan daerah. Ia minta semua pihak—terutama para kandidat dan pendukungnya, mentaati aturan.

“Kalau misalnya Pilkada cacat di Mesuji, maka itu menjadi cacat secara nasional. Jadi tolong, ini menjadi tanggungjawab kita semua, bukan hanya penyelenggara saja,” kata Nanang.

Debat kandidat dibagi dua sesi, di mana masing-masing kandidat mendapat pertanyaan dan porsi menjawab yang sama. Hingga acara berakhir, situasi berjalan tertib dan aman.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here