Ingin Jalankan Tambang Secara Mandiri, PTBA Beli Alat Berat Electric

Dir Produksi PTBA Joko Pramono dan Dubes Belarus Vladimir Lopato Zagorsky bertukar cindera mata dalam acara ramah tamah pembelian alat berat electric di Rec Hall PTBA Tanjung Enim, Kamis (12/12/2106)

Tanjung Enimm, Kabarserasan.com  – Untuk peningkatan dan kemandirian produksi tambang batubara, PT Bukit Asam (persero) Tbk (PTBA), menjalin kerja sama dengan Pemerintah Belarusia terkait program baru elektrifikasi.Sekretaris Perusahaan PTBA Adib Ubaidilah mengatakan, program baru elektrikfikasi ini direncanakan mulai beroperasi tahun depan. ” Selama ini kombinasi dump truck dan Shovel secara manual. Dengan program ini, sebagian alat berat kita akan menggunakan tenaga listrik,” kata Adib di Recreation Hall PTBA Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Kamis (15/12/2016).

Menurut Adib, dengan elektrifikasi alat ini PTBA akan semakin efisien. Pasalnya PTBA memiliki pembangkit listrik listrik sendiri. ” Pembangkit Listrik kita 3×10 MW dan baru terpakai sekitar 8 MW,” jelas Adib.

Keuntungan lain yang di dapat PTBA, pembangkit listrik tersebut menggunakan bahan bakar batubara berkalori rendah. ” Otomatis biaya produksi akan lebih murah,” ujarnya.

Adib menjelaskan, untuk tahap awal di tahun 2017 disiapkan 40 unit dump truck dan 8 unit shovel electric. ” Saat ini ada 4 alat yang sudah di instal oleh penyedia dan perawatan alat-alat tersebut  merupakan tanggung jawab pihak negara produsen,” terangnya.

Sementara untuk operator alat ini, PTBA akan memberdayakan anak-anak tamatan STM lokal. Setelah mereka diberikan training khusus oleh perusahaan penyedia alat tersebut.

Adib mengungkapkan, pembelian alat berat dengan sistem electric ini merupakan investasi perusahan yang dibeli dari Belarusia senilai Rp 1 triliun dan akan dioperasikan di tambang Banko Tengah.

Sementara itu Direktur Produksi PTBA Joko Pramono mengatakan, bentuk jalinan kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak, yakni berupa pemakaian produk alat berat dari negara Belarusia.

“Kita berharap dengan digunakannya alat berat yang canggih dari negara Belarusia akan semakin meningkatkan hasil produksi dan semakin efisiensi,” kata Joko di sela-sela acara ramah tamah PTBA dengan pihak Belarusia terkait kerjasama peenggunaan alatr berat dari negara pecahan Uni Sovyet tersebut.

Hadir dalam acara terebut antara lain, Dubes Belarus Vladimir Lopato Zagorsky, CEO Belaz Piotr Parkhomchik, Direktur Belazia  Ihar Mishaniov, CEO PT Pusaka Bumi Transportasi Bayu Priawan Djokosutono dan jajaran Direksi PTBA.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here