Disdikbud PALI Buka Pendaftaran Mahasiswa UT

Kabid Pls Filomina Emawati SPd MSi mengatakan, pendaftaran untuk mahasiswa sudah dibuka pada tanggal 01 Desember hingga 13 Januari 2016. ” Kami masih mendata jumlah mahasiswanya dan langsung diserahkan ke Universitas Terbuka kota Palembang. Untuk mahasiswa yang mau kuliah tidak memandang usia, semua usia berhak untuk mencari ilmu, ” kata Filomina di kantornya, Selasa (12/01/2016).

Dia menjelaskan di universitas ini memiliki dua golongan, meliputi Non Pendidikan Dasar (pendas) maupun Pendas. ” Untuk pendas harus tatap muka, sedangkan Non Pendas tidak harus tatap muka mereka hanya memakai sistem online untuk tenaga gurunya, untuk Universitas Terbuka sudah terakreditasi B,” jelasnya.

Adapun UT Non Pendas memiliki 4 Fakultas, meliputi Fakultas Mipa, Fekon, Fisip, FKIP dengan beberapa jurusan  meliputi Matematika, Statistika, Biologi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Ilmu Administrasi, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Bahasa dan Sastra, Pendidikan Bahasa dan Seni, pendidikan matematika, pendidikan ilmu Pengetahuam Sosial. Sedangkan Pendas memiliki 3 Fakultas meliputi S1 PGSD,  berbagai disiplin Ilmu (BI), S1 PAUD. 

Mahasiswa UT non pendas dapat melaksanakan ujian tutorial online dan bisa di akses melalui laman UT www.ut.ac.id. Ini merupakan percobaan bagi mahasiswa yang kesulitan menemui guru pada saat ujian maupun belajar dan bisa mempermudah mahasiswa dalam menggunakan teknologi yang canggih.

” Untuk informasi lebih lanjut tentang perkuliahan UT, mahasiswa bisa langsung datang ke kantor Disdikbud Kabupaten PALI,”ujarnya

Terpisah, calon mahasiswa UT, Herman mengatakan, sangat terbantu dengan adanya Universitas Terbuka ini, bisa membantu masyarakat dalam menuntut ilmu yang lebih tinggi. Sebab menurut warga Talang Pipa ini, PALI sangat minim fasilitas perkuliahan. Bagi mereka yang ingin kuliah, terpaksa harus keluar daerah.

“Saya baru ini tergerak untuk mencari ilmu yang tinggi lagi untuk menunjang karir saat bekerja nanti. Apalagi di UT ini tidak memandang usianya dan dengan sistem online bisa mempermudah belajar mengajar,” kata dia.

Dia berharap kedepan pemerintahan bisa membuka fasilitas perkuliahan yang lebih bagus lagi dari sekarang.” Kita berharap kedepan PALI memiliki universitas sendiri yang memilki Gedung dan Dosen yang berkualitas. Ini untuk mempermudah masyarakat menuntut ilmu, ” ujarnya.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Khairul Amri

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here