Konsumsi Jamur Liar, 8 Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Kedelapan orang yang merupakan satu keluarga ini adalah, Jumari (60), Yusma (51) istri Jumari, Ice (20) anak, Intisari (15), Erlani (24) suami ice, Nita (25) menantu, April (8) cucu dan Sukma (3) cucu.

Salah seorang korban, Yusma menuturkan, awalnya mereka mengambil jamur liar (warga menyebutnya Jamur Tikus dan Mata Kerbau) untuk makan sekeluarga. ” Kami kemarin makan jamur yang kami ambil dari kebun. Setelah menyantap jamur tersebut, kami sekeluarga merasa mual yang diikuti dengan muntah-muntah,” kata Yusma.

Kemudian satu keluarga ini memeriksakan diri ke Bidan desa yang bernama Maya. Karena kekurangan obat dan tenaga medis, Bidan Maya lalu memberikan rujukan ke RSUD Bhayangkara, Talang Ubi.” Semua korban saya rujuk ke RSUD Bhayangkara, karena disini tak ada obat,” tutur Maya.

Terpisah saat dikonfirmasi dokter Ica, selaku dokter penjaga di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhayangkara  membenarkan ada korban keracunan. ” Keluarga korban tiba di rumah sakit RSUD Selasa ,(15/12/2015) malam Pukul 19.00 wib. Kita langsung melakukan tindakan medis,” terang dokter Ica.

Menurut dokter Ica, kemungkinan  mereka keracunan. ” Sekarant masih tahap pemeriksaan oleh tim medis. Dugaan sementara 8 orang ini mengalami keracunan setelah mengkonsumsi jamur tersebut,” jelas dokter Ica.

“Tim medis sudah memeriksa 8 korban keracunan. Saat ini sudah duberikan anti biotik dan mereka harus dirawat inap. Sedangkan untuk salah satu korban yang tengah hamil harus mendapatkan perawatan khusus,”ujarnya.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Khairul Amri

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here