5 Jenis Batu Sangat Berbahaya Dijadikan Batu Cincin

Misalnya Bacan, kini bahkan menjelma menjadi salah satu batu akik termahal hingga berharga miliaran rupiah. Begitu juga dengan giok Aceh, Lavender Baturaja, Sungai Dareh, Panca Warna Garut juga menjadi buruan kolektor karena keindahannya.

Namun pecinta batu akik harus tetap berhati-hati. Karena tidak batu yang yang terlihat sangat indah itu bisa dijadikan batu perhiasan. Paling tidak ada lima jenis batu yang sangat berbahaya, bahkan bisa mematikan. Berikut 5 batu yang berbahaya jika dijadikan batu cincin.

Batu Galena
Batu jenis kristal ini berbentuk kubus dan berkilau, batu ini mengandung banyak sulfur beracun. Debu sulfur yang ada di kristal Galena inilah yang bisa mengakibatkan keracunan. Jika debu batu ini terhirup oleh manusia, maka bisa mngakibatkan kematian karena efek racun tersebut

Batu Orpiment
Kristal Orpiment ini sangat berbahaya karena mengandung arsenik dan sulfur. Jika kristal ini dibelah, bubuk serpihannya bisa menjadi sangat beracun jika terkena matahari. Selain itu, bubuk Orpiment pernah dipakai sebagai campuran bahan cat dan mengakibatkan banyak  seniman teracuni.

Batu Stibnite
Kristal bernama Stibnite ini berwarna berkilauan seperti perak. Kandungan zat-zat yang tak stabil di dalam kristal inilah yang menyebabkan kristal ini berbahaya. Di masa lalu kristal ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat alat makan, yang mengakibatkan banyak kematian bagi para penggunanya.

Batu Torbernite
Kristal Torbernite sebenarnya terbentuk dari uranium. Namun, ketika uranium mengalami pembusukan di dalam kristal, kristal ini akan mengeluarkan gas berbahaya yang menyebabkan kanker paru-paru.

Batu Arsenopyrite
Batu ini berkilau mirip emas, akan tetapi kristal yang terkandung didalamnya sangat berbeda dengan emas. Hal ini dikarenakan Arsenopyrite mengandung zat yang berbahaya. Ciri yang sangat mudah dikenali ketika melihat kristal ini adalah aromanya yang tercium mirip bawang putih. Seperti namanya, kristal ini mengandung zat arsenik yang beracun yang bisa menyebabkan kematian jika masuk ke dalam tubuh.

Penulis : Amri

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here