Aturan Seleksi SMPTN 2014 Berubah

Sistem penerimaam mahasiswa baru nantinya masih menggunakan tiga jalur. Jalur pertama adalah SNMPTN, yang berdasarkan prestasi akademik siswa, yakni rapor, nilai ujian nasional, dan prestasi lain.

“Ada delapan variabel penghitungan, termasuk persentase kakak kelas yang diterima PTN, juga IPK-nya,” kata Ketua Umum Panitia SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia, Rabu (11/12/2013) di sela-sela acara peluncuran Program SNMPTN di Bandung Jawa barat.

Jatah peserta jalur SNMPTN juga masih tetap, minimal 50 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri. Kemudian jalur kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksinya berdasarkan hasil tes tertulis serta keterampilan dengan daya tampung 30 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri.  Biaya formulir disubsidi pemerintah

Lalu jalurn ketiga, yakni jalur mandiri, dengan kuota 20 persen di PTN. Prosesnya  diserahkan sepenuhnya ke tiap PTN. Sistem penilaian seleksinya menggunaka tiga indeks yakni siswa, sekolah dan wilayah.

Indeks siswa dengan indikator, nilai rapor, kelengkapan nilai rapor, dan pencapaian nilai pelajaran dibanding kriteria ketuntasan minimal, nilai UN dan prestasi lainnya.

Indeks sekolah dengan indikator nilai rata-rata UN, nilai SBMPTN alumninya, akreditasi sekolah, dan jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN tahun sebelumnya. Pendaftaran SNMPT dimulai pada 17 Februari-31 Maret 2014 dengan proses seleksi pada 1 April-26 Mei 2014. (Junel)

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here